Saturday 4 December 2010

Saturday, December 04, 2010
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca 350 Satpol PP Jakarta Pusat Siap Amankan Natal dan Tahun Baru.
JAKARTA - Sebanyak 350 personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Pusat menyatakan kesiapannya untuk mendukung dan membantu aparat kepolisian mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2011. Ratusan petugas tersebut akan ditempatkan di pusat-pusat keramaian dan gereja. Untuk setiap gereja akan dijaga 10-15 petugas.

Pelaksana Harian (Plh) Satpol PP Jakarta Pusat, Syahdonan, mengatakan, saat ini di wilayahnya terdapat 156 gereja. Untuk itu, dalam penjagaan pihaknya akan berkoordinasi dengan Polres serta Polsek. "Mereka diterjunkan hingga ke tingkat kelurahan, dan berkoordinasi dengan sejumlah petugas kepolisian setempat,” katanya, kepada beritajakarta.com, Jumat (3/12).

Syahdonan menjelaskan, setiap anggotanya dituntut bisa melakukan tindakan pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban yang meresahkan masyarakat. Selain itu juga tidak ragu bertindak tegas dalam menangani setiap pelanggaran yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas. Satpol PP juga diminta mempelajari karakteristik kerawanan daerah masing-masing untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

Sementara untuk penjagaan di kawasan Monas pada saat perayaan pergantian tahun nanti, petugas Satpol PP akan ditambah. Jika pada hari-hari biasa hanya terdapat sebanyak 67 petugas, pada perayaan tahun baru nanti akan ditambah menjadi 100 petugas. "Nantinya tambahan petugas itu juga akan diberlakukan pada saat akhir pekan Sabtu dan Minggu. Karena di hari libur itu, biasanya pengunjung Monas meningkat tajam," sambungnya. Syahdonan berharap Natal dan Tahun Baru nanti berjalan aman dan lancar.

Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Hamidin saat dikonfirmasi, mengaku belum melakukan persiapan apa pun terkait hal tersebut. Namun, pihaknya menegaskan siap mengamankan wilayah Jakarta Pusat pada saat perayaan dua event tahunan itu. "Sampai saat ini belum ada persiapan khusus untuk perayaan Natal dan Tahun Baru nanti. Karena sampai saat ini masih kami rapatkan segala sesuatunya. Namun yang jelas, Kami siap melakukan pengamanan," tandas Hamidin.

Sumber: Berita jakarta