Saturday 19 March 2011

Saturday, March 19, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Forum Bhinneka Tunggal Ika (FBTI) Gelar Aksi Damai di Bundaran Hotel Indonesia. JAKARTA - Forum Bhinneka Tunggal Ika (FBTI) menggelar aksi damai, renungan malam mengutuk teror bom yang terjadi selama beberapa hari belakangan ini.

Aksi dengan jumlah sekitar 70 orang ini, dilakukan di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Jumat (18/3/2011) pukul 19.30 WIB.

Forum ini terdiri beberapa NGO diantaranya KontraS, LBH Jakarta, Aliansi Nasional Bhinneka Tunggal Ika (ANBTI), DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dan beberapa LSM lainnya. Mereka memegang spanduk bertuliskan "Masyarakat Sipil Melawan Teror" dan "Negara Gagal Menjamin Rasa Aman Masyarakat".

Para pengikut aksi damai ini memegang obor dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. "Negara gagal, rezim SBY dan Boediono gagal memberikan rasa aman untuk rakyatnya. Kegagalan pemerintah ini sudah sejak dulu, bahkan gagal untuk menjamin keamanan di negeri ini.

Ini karena selalu permisifnya negara terhadap intoleransi pada kaum minoritas. Negera mengatakan sebagai negara demokratis, tapi tidak bisa memberikan hak-hak rakyatnya," seru koordinator aksi damai, Poltak.

Mereka kecewa terhadap pemerintahan SBY-Boediono yang dirasakan justru mengalami kemunduran terutama dengan membiarkan berbagai kekerasan dengan mengatasnamakan agama. Mereka berharap SBY, bersikap tegas dan menekankan untuk tidak lagi permisif terhadap kekerasan.

Aksi ini dilakukan setelah sejak 15 Maret 2011 muncul teror-teror paket bom buku kepada Ulil Abshar Abdalla, Kepala Badan Narkotika Nasional Komisaris Jenderal Gories Mere, Yapto S Soerjosoemarno, musisi Ahmad Dhani, serta beberapa teror bom yang terjadi sepanjang hari ini, termasuk di Gedung DPR Senayan, dan kota wisata Cibubur.

Sumber: Kompas