Tuesday 10 May 2011

Tuesday, May 10, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca 30 Perwakilan Litbang Sinode dan Lembaga Pendidikan Kristen Ikuti Pelatihan Keterampilan Penelitian.
BOGOR (JABAR) - Bertempat di Pondok Remaja Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Cipayung - Bogor, tanggal 1-6 Mei, Biro Litkom PGI mengadakan Pelatihan Keterampilan Penelitan yang menghadirkan 30 perwakilan dari Litbang sinode gereja-gereja anggota PGI dan Lembaga Pendidikan Kristen di Indonesia.

Program pelatihan ketrampilan penelitian ini merupakan tindak lanjut dari Focus Group Discussion yang diselenggarakan oleh Litkom PGI untuk membuat pemetaan Isu Strategis gereja-gereja di Indonesia.

Pelatihan yang berlangsung selama 6 hari itu menghadirkan 2 orang narasumber yang sangat berpengalaman di bidang penelitian yakni: Dr. Niko L. Kana (Percik - Salatiga) dan Prof. Max Bergman yang datang langsung dari Basel University. Kedua narasumber, dengan difasilitasi oleh seorang fasilitator berpengalaman, yang adalah juga anggota Pokja Penelitian Litkom PGI, berhasil membawa peserta menjelajah dunia penelitian yang sangat rumit hingga berakhirnya sesi per hari dengan baik. Keletihan yang nampak di wajah para peserta, tidak melunturkan semangat mereka untuk mengikuti pelatihan sampai tuntas. Supervisor Litkom, Pdt. Z. Ngelow yang juga mengikuti kegiatan ini, bahkan tidak ingin melewatkan setiap sesi dengan baik. Respon peserta yang demikian antusias dapat dipahami karena pengetahuan Metodologi Penelitian Sosial dalam kurikulum Pendidikan Teologi di Indonesia, masih sangat kurang diberikan prioritas.

Perhatian gereja-gereja di Indonesia terhadap dunia penelitian harus mendapat perhatian yang lebih lagi, mengingat kebutuhan pelayanan gereja dewasa ini seharusnya tidak lagi dibangun di atas asumsi-asumsi semata, tetapi harus berbasis data.

Setelah pelatihan selesai, peserta kembali ke lapangan dan langsung akan melakukan praktek lapangan dengan menggunakan alat-alat metodologi yang telah diberikan oleh para narasumber. Kegiatan pengumpulan data atas 2 isu besar yakni: Fenomena Kohesi sosial dalam Masyarakat dan Krisis SDM: Suatu Studi tentang Manejemen SDM Gereja. Peserta akan melakukan pengumpulan data mulai Juni - Desember 2011. Kemudian peserta akan berkumpul kembali pada Januari 2012 untuk mengikuti Pelatihan Tahap lanjut dan Analisa Data bersama para narasumber dan Pokja Penelitian Litkom PGI.

Litkom akan menerbitkan modul pelatihan penelitian tingkat dasar dan tingkat lanjut untuk kebutuhan pelayanan Litbang gereja-gereja di Indonesia. Demikian pula dengan hasil FGD di 3 Wilayah akan diterbitkan bagi pelayanan gereja-gereja di Indonesia.

Hasil dari rangkaian FGD, penelitian lapangan sampai analisa data ini, akan di studikan dalam Seminar Agama-Agama yang diselenggarakan oleh Bidang Marturia PGI.

Sumber: PGI