Friday 17 June 2011

Friday, June 17, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Keuskupan Agung Semarang (KAS) Tekankan Peran Awam danam Perwujudan Iman. SEMARANG (JATENG) - Keuskupan Agung Semarang (KAS) dalam Anggaran Dasar pastoral menekankan tiga gerak pastoral yang dijalankan, yaitu mengoptimalkan peran awam, pemberdayaan orang kecil, lemah, miskin, tersingkir dan difabel, serta pelestarian keutuhan ciptaan.

Dalam situs KAS disebutkan bahwa pengembangan dan perwujudan iman di tengah dunia dan masyarakat merupakan tugas khas dari awam, yang mencakup bidang sosial, kesehatan, seni dan budaya serta ilmu pengetahuan (iptek).

Kaum awam dipanggil untuk menyucikan dunia, apapun pekerjaannya. Mereka dipanggil untuk membawa cahaya, kekuatan, dan semangat Kristus dalam masyarakat.

Kaum awam juga dipanggil untuk memberi kesaksian dan menghadirkan perdamaian, kebaikan, kejujuran, keadilan, dan kepedulian pada orang yang terlupakan.

Tugas istimewa awam adalah menyinari dan mengatur semua hal-hal duniawi sehingga semua itu berlangsung dan berkembang seturut dengan kehendak Kristus, demi kemulia-an Allah dan keluhuran martabat manusia.

Namun, ada berbagai tantangan yang dihadapi kaum awam seperti dilemma antara menjalankan tuntutan Gereja dan kegagalan menjadi saksi hidup di tengah masyarakat.

Sumber: Cathnews Indonesia