Wednesday 31 August 2011

Wednesday, August 31, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Pemilihan Empat Ketua Wilayah Gereja Toraja Periode 2011-2016.
RANTEPAO (SULSEL) — Struktur Gereja Toraja kian lengkap. Setelah memilih dan melantik Personalia Badan Pekerja Sinode (BPS) pada awal Juli lalu. Kemarin (25/08/2011) dilaksanakan pemilihan Ketua-ketua Wilayah. Acara ini berlangsung serentak di empat wilayah pelayanan Gereja Toraja.

Di Wilayah I, pemilihan yang dipandu oleh Pdt. DR. I.Y. Panggalo dari BPS berakhir dengan menetapkan Pdt. Jahya Boong sebagai Ketua Wilayah I. Wilayah I meliputi seluruh daerah Luwu Timur, Luwu Utara, Luwu dan Kota Palopo.

Sementara itu di Wilayah II Rantepao, pemilihan dilaksanakan di Gedung Gereja Rante Pasele dan memilih Pdt. Luther Taruk, S.Th sebagai Ketua Wilayah II. Wilayah II meliputi seluruh Kabupaten Toraja Utara.

Pemilihan yang agak alot berlangsung di Wilayah III Makale, karena harus berlangsung dua putaran. Pada putaran kedua, Pdt. Alex Palimbunga dan Pdt. Jhoni Ma’dika yang memiliki suara terbanyak bersama berharap limpahan suara dari 60 suara sah. Pemilihan yang dipandu oleh Sekum BPS, Pdt. Soleman Allolinggi akhirnya menetapkan Pdt. Jhoni Ma’dika sebagai Ketua Wilayah III. Wilayah III meliputi seluruh Kabupaten Tana Toraja.

Pemilihan di Wilayah IV dipusatkan di Makassar dan dipandu oleh Ketua II BPS Pdt. Daniel Rori. Terpilih sebagai Ketua Wilayah IV adalah Pdt. Duma Tonda, S.Th, MM yang saat ini menjabat sebagai Ketua Badan Pekerja Klasis (BPK) Kaltim Balikpapan. Wilayah IV meliputi seluruh daerah pelayanan Gereja Toraja di luar Luwu dan Toraja. Terdapat 12 Klasis di Wilayah IV, yakni Klasis Pulau Jawa yang melayani sampai ke Gereja Toraja di luar negeri, Klasis Kaltim Balikpapan, Klasis Kaltimteng, Klasis Kutai Kaltim, Klasis Kaltim Tarakan, Klasis Sulteng, Klasis Sultengtim, Klasis Sigilore, Klasis Sulawesi Barat, Klasis Bone, Klasis Parepare dan Klasis Makassar.

Wilayah IV Siap Mekar

Selain memilih Ketua Wilayah, Wilayah IV juga merekomendasikan pemekaran wilayah IV menjadi 3 Wilayah. Menurut Pdt. Duma Tonda yang ditemui TCN, rekomendasi ini akan disampaikan dalam Rapat Kerja Gereja Toraja yang akan berlangsung tanggal 1-4 Nopember 2011. Jika disetujui, maka wilayah dalam pelayanan Toraja akan menjadi 7, yakni Wilayah IV Makassar dan sekitarnya, Wilayah V Sulawesi tengah dan Wilayah VI Kalimantan-Jawa (Toraja Cyber News)