Tuesday 27 December 2011

Tuesday, December 27, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Misa Natal Gereja St Eugenius de Mazenod Tanjung Redeb Didatangi Jemaat dari 13 Kecamatan. TANJUNG REDEB (KALTIM) - Di Kabupaten Berau, perayaan Natal disambut meriah oleh seluruh umat Kristen yang ada di 13 Kecamatan, sekitar 1.000 orang lebih memadati gereja Katolik Santo Eugenius de Mazenod yang berada di jalan Apt Pranoto Tanjung Redeb.

Sebelum dilaksanakan ibadah bersama, digelar prosesi awal yaitu proses gambaran kelahiran Yesus Kristus yang dibawakan oleh remaja gereja. Pelaksanaan ibadah dipimpin langsung oleh Pastor Kepala paroki Tanjung Redeb Fransiskus Mandagi (25/12/2011) pagi.

Fransiskus Mandagi mengungkapkan tema Natal Tahun ini adalah “Bangsa yang Berjalan di Dalam Kegelapan Telah Melihat Terang Besar” dikatakannya tema ini memang tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. “Selamat Natal dan Tahun Baru, maknai diri dengan keteguhan iman yang kokoh,” katanya.

Ia berharap yang pertama umat Katolik maupun nasrani yang ada di Berau dengan perayaan Natal kehidupan sebagai manusia beriman semakin diteguhkan, dikuatkan karena percaya akan kasih dan cintanya Tuhan yang diperingati dalam perayaan Natal.

“Intinya merayakan kasih Tuhan yang mencintai manusia dengan dinyatakan oleh kelahiran putranya kedunia sebagai penyelamat dan penebus dosa umat,” jelasnya.

Dikatakannya, dalam kehidupan umat beriman yang semakin diteguhkan tentu kedepan akan mampu menghidupi iman itu ditengah masyarakat, baik itu dalam perjuangan hidupnya dan percaya akan cinta tuhan dalam menjalani kehidupannya selama ini.

Sebelumnya, terlihat persiapan oleh jemaat dan pengurus gereja terus dilakukan Sabtu (24/12/2011) pagi. Persiapan yang digelar mulai dekorasi gereja, pembuatan gua natal, pohon natal dan koor hingga pembersihan seputar gereja.

Salestina Ga’a sebagai ketua panitia saat menyebutkan, telah melakukan berbagai persiapan jelang Natal. Dibagi masing-masing seksi baik dari persiapan gereja untuk misa malam Natal dan Natal. Perlengkapan, tata tertib beribadah serta bagian konsumsi. “Semuanya sudah berjalan baik,” katanya.

Untuk persiapan, sudah dimatangkan sejak November dengan melaksanakan rapat pembentukan panitia hari Natal. Pembentukan panitia melibatkan beberapa jamaat dan pengurus gereja yang jumlahnya sekitar 113 orang.

Sedangkan dekorasi dalam gereja sudah terlaksana dengan baik dan siap digunakan.

“Persiapan dan penataan serta dekorasi mencapai 95 persen,” jelasnya.

Ia mengatakan, gereja juga menambah beberapa tarup di depan dan samping gereja. Pasalnya untuk perayaan Natal tahun ini bagi umat Katolik yang ada di 13 kecamatan akan dipusatkan di gereja St Eugenius De Mazenod.

“Sekitar seribu orang akan memadati halaman dan ruangan gereja,“ ungkapnya.

Untuk ibadah misa Natal, dipimpin Pastor Paroki Fransis Hasmandaugi. Keesokan harinya dilanjutkan pembagian bingkisan untuk anak-anak gereja yang berjumlah sekitar 200 orang lebih. Pembagian bingkisan Natal dilakukan Orang Muda Katolik (OMK).