Wednesday 11 April 2012

Wednesday, April 11, 2012
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Antisipasi Tsunami, BMKG Imbau Masyarakat Pesisir Pantai Bagian Barat Sumatera Mengungsi ke Dataran Tinggi. JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat di sepanjang pesisir pantai bagian barat Sumatera segera mengungsi ke dataran yang lebih tinggi untuk menghindari kemungkinan munculnya tsunami setelah gempa berkekuatan 8,5 Skala Richter (SR) dan sejumlah gempa susulan mengguncang Aceh.

"Masyarakat jangan mendekati pantai, segera menjauhi pantai, utamanya yang ada di pesisir pantai Aceh, Simeulue sampai Banda Aceh. Juga yang ada di Pantai Utara dan Mentawai," kata Deputi Kepala BMKG Bidang Geofisika PJ Prih Harjadi dalam wawancara dengan stasiun televisi swasta di Jakarta, petang ini,

Ia menyarankan warga tetap berada di dataran yang lebih tinggi. "Yang sudah mengungsi jangan kembali dulu," katanya serta menambahkan BMKG belum mencabut peringatan dini tsunami.

Pukul 15.38 WIB gempa berkekuatan 8,5 SR mengguncang wilayah Aceh, setelah itu gempa susulan beberapa kali terjadi dan pukul 17.43 WIB gempa berkekuatan 8,1 SR kembali terjadi.

Menurut Prih Harjadi, setelah gempa pertama BMKG mencatat tsunami dengan tinggi 10 sentimeter di Sabang dan 80 sentimeter di Meulaboh.
Sementara, Suharjono dari BMKG kepada media petang ini mengatakan, bahwa BMKG masih akan memantau potensi tsunami sampai pukul 19.43 WIB. Artinya hingga sampai pukul 19.43 WIB peringatan tsunami belum dicabut BMKG. (MetroTV)