Friday 8 October 2010

Friday, October 08, 2010
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Panitia Jubileum 150 Tahun HKBP dan Yayasan Surya Kebenaran Akan Laksanakan Pelayanan Kesehatan Gratis.
MEDAN (SUMUT) - Panitia Pesta Jubileum 150 tahun HKBP Wilayah II dengan Yayasan Surya Kebenaran Internasional rapat pemantapan persiapan pelayanan kesehatan gratis, Kamis (8/10) di Sekretariat Panitia Jubileum 150 tahun HKBP Jalah KH Wahid Hasyim Medan. Ketua Umum Panitia Wilayah II DR RE Nainggolan MM mengatakan, puluhan ribu kaki dan tangan palsu disiapkan untuk masyarakat Sumut.
Pelayanan kesehatan tidak hanya untuk kalangan HKBP, bukan juga untuk kalangan Kristen saja tapi untuk semua agama yang ada di Sumut. Dr Anita dari Yayasan Surya Kebenaran mengatakan, pelayanan kaki dan tangan palsu ini berkelanjutan sampai tahun 2012 diharapkan masyarakat Sumut yang kehilangan kaki dan tangan tidak ada lagi yang tidak memiliki kaki dan tangan palsu.
Selain melayani penderita cacat tubuh, panitia Jubelium HKBP dan Yayasan Surya Kebenaran juga melayani penderita katarak, operasi bibir sumbing, hernia pada anak dan pangkas rambut gratis oleh salon Rudi Hadi Swarno dari Jakarta. Operasi katarak sekaligus pemberian kacamata baca agar semua warga Kristen dapat membaca Alkitab dan Buku Ende.
Aksi kesehatan tersebut akan dilaksanakan di Lapangan H Adam Malik P Siantar 26-27 Nopember. Hari Jumat (9/10) panitia wilayah II bertemu dengan Walikota P Siantar Hulman Sitorus untuk melakukan koordinasi persiapan pelaksanaan aksi sosial tersebut.
DR RE Nainggolan meminta kepada seluruh Praeses agar melakukan penjemaatan ke seluruh gereja HKBP di Distrik masing-masing dan menghimpun warga yang akan mendapat pelayanan kesehatan dan membawanya ke P Siantar.
Dalam pertemuan tersebut akan dibahas penyediaan tempat, rumah sakit, perawat/ tenaga kesehatan yang semuanya harus gratis.Yayasan Surya Kebenaran sudah pernah melayani pelayanan kaki dan tangan palsu sebanyak 20 ribu orang.
Untuk pelayanan di P Siantar nanti pengukur kaki dan tangan didatangkan dari India dan Malaysia, setelah diukur sebulan kemudian barang tersebut baru siap dan Yayasan mengantarkannya kepada pemiliknya.
Dr Anita didampingi Arnold Sipahutar, Dr Bethin Marpaung dan Drg Emmy Simbolon mengatakan, untuk penderita katarak dan hernia pada anak harus diperiksa terlebih dahulu apakah penyakit tersebut yang mereka derita. Tanggal 20 Nopember semua data pasien tetap sudah ada pada panitia dan diharapkan disediakan rumah sakit rawat inap apabila ada pasien yang mendapat perawatan lanjutan.
DR RE Nainggolan menjelaskan, puncak pesta Jubileum 150 HKBP Wilayah II akan dilaksanakan 9 Juli 2011 yang akan diikuti di masing-masing Distrik. Dalam waktu dekat Panitia Wilayah akan melantik panitia Distrik Labuhan Batu, Langkat-Binjai. Diharapkan semua panitia Distrik sudah dilantik agar bias mempersiapkan kegiatannya. Panitia menaruh apresiasi besar terhadap Distrik Dairi yang sudah melaksanakan berbagai kegiatan setelah dilantik.
Sebagai oleh-oleh diakhir pesta Jubelium 150 HKBP panitia ingin mempersembahkan pembangunan Pusat Pelatihan HKBP seperti yang sudah dimiliki Gereja GBKP dan GKPS. Panitia akan mencari lokasi di atas lahan 6-10 hektar, Pusat Pelatihan HKBP tersebut akan menjadi sumbangan yang abadi untuk seluruh warga HKBP dan umat Kristen umumnya.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelayanan kesehatan gratis ini dapat menghubungi Sekretaris Panitia Jadi Pane SPd dengan nomor kontak 08126522786. Hadir pada rapat tersebut Ketua harian Drs Rapotan Tambunan MM, Hasiholan Silaen. Dr Horas Rajagukguk SpB dan seluruh seksi-seksi di kepanitiaan.

Sumber: Harian SIB