Tuesday 23 November 2010

Tuesday, November 23, 2010
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Gereja Katolik St. Petrus Kuala Lama Pantai Cermin Diresmikan Wagub dan Vikjen Keuskupan Agung Medan (KAM).
PANTAI CERMIN (SUMUT) - Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) Ir. H. Soekirman dan Vikaris Jenderal (Vikjen) Keuskupan Agung Medan Pastor Harold Harianja OFM Cap, Minggu (21/11) secara bersama-sama meresmikan Gereja St. Petrus di Desa Kuala Lama Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Sergai.

Peresmian Gereja Katolik itu ditandai dengan penanda tanganan prasasti oleh Wabup H. Soekirman dan Vikjen Pastor Harold Harianja OFM Cap dihadapan seribuan umat Katolik termasuk Pastor Paroki dan Koselebrans Mansyur Turnip, Camat Pantai Cermin Pribadi Perangin-angin S.Sos, dan Kepala Desa Kuala Lama Usman Ginting.

Prosesi peresmian Gereja yang dibangun sejak bulan April 2010 lalu diawali pembacaan sejarah Gereja Stasi St. Petrus Kuala Lama dilanjutkan penyerahan oleh ketua panitia pembangunan kepada Vikjen Pastor Harold Harianja, penggguntingan pita, penandatanganan prasasti, penyerahan kunci gereja dari Pastor Paroki GYB Pastor Mansuetus Amadeus Pr kepada KDS Kuala Lama.

Kemudian pintu Gereja dibuka oleh KDS Kuala Lama, selanjutnya dilakukan pemberkatan oleh Vikjen dengan memercikkan air suci, seterusnya dilaksanakan perayaan Ekaristi, penerimaan Sakramen Krisma dan diakhiri dengan tarian perarakan, tor-tor berkat dari beberapa rayon dan lelang ulos Vikjen dan ulos Pastor Paroki.

Wabup Sergai Ir. H. Soekirman pada kesempatan peresmian itu dalam sambutannya menyatakan Gereja Katolik St. Petrus Desa Kuala Lama yang dibangun bersama oleh jemaat Katolik setempat hanya memakan waktu sekitar 7 bulan sejak April 2010 patut disyukuri karena melalui kebersamaan para jemaat telah memberikan andil yang nyata dalam mewujudkan visi Kabupaten Sergai yakni menjadikan daerah ini sebagai kabupaten yang religius.

Kebersamaan dan kekompakan sebagaimana yang telah dilakukan oleh seluruh masyarakat Sergai termasuk umat beragama di daerah ini menurut Wabup H. Soekirman dapat dilanjutkan terus dalam bidang pembangunan lainnya, karena beban yang berat terasa ringan apabila dikerjakan secara bersama-sama.

Sumber: Berita Sore