Saturday 6 November 2010

Saturday, November 06, 2010
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Konferensi Kingmi Papua Koordinator Deiyai IX.
DEIYAI (PAPUA) - Gereja Kemah Injil (KINGMI) Papua kini tengah berupaya untuk berbenah diri  baik lembaga gereja maupun para petugas teras Sinode Papua. Hal itu dilakukan oleh pihak gereja Kingmi setelah melihat perkembangan Modernisasi yang mengancam eksistensi nilai-nilai agama dan kekhasan manusia Mee pada umumnya.

Ketua Sinode Kingmi Papua, Dr. Beny Giay pada pidato pembukaan Konfrensi Kingmi papua Koordinator Deiyai IX yang berlangsung selama tiga hari yakni 24-26 Oktober 2010 di Onago. Dikatakan Benny, seluruh petugas gereja yang dimulai dari Majelis gereja hingga petugas wilayah sinode agar dapat mempertahankan eksistensi sebagai jemaat yang percaya kepada Tuhan sebagai Sang Pencipta.  

Diakuinya, sejak 70-an tahun silam Kingmi Papua sudah berkembang akan tetapi, belum mewujudkan adanya perubahan-perubahan dalam  kelembagaan agama itu, “termasuk manusia-manusia yang berkualitas dalam upayanya menciptakan  sumber daya manusia (SDM)” ungkapnya, seraya mengharapkan setiap keluarga menjadi basis pendidikan, ekonomi, dan pemerintahan untuk menuju perubahan Papua secara utuhnya.

Sekretaris Daerah kabupaten Deiyai, Basilius Badii, BA mewakili Bupati saat membuka  Konfrensi Kingmi papua Koordinator Deiyai IX ia mengajak agar pihak gereja memberikan kontribusi pikiran terkait dengan kemajuan wilayah ini "Untuk membangun sebuah kabupaten adalah tanggung jawab bersama dari semua komponen yang ada di wilayah itu. Sebab kabupaten yang baru dimekarkan seperti Deiyai masih belum banyak yang dibangun oleh  pemerintah. Sebab itu kami mengajak semua pihak termasuk pihak gereja agar memperhatikan pemerintah" ujarnya.
 
“Saya sangat mengharapkan agar pihak gereja ikut menciptakan manusia Kingmi Papua yang mampu memperhatikan seluruh aspek kehidupan manusia termasuk kemajuan gereja,” imbuhnya.

Sementara itu Koordinator  Klasis wilayah  Deiyai Ev. Silas Pekey, mengutarakan kegiatan Konferensi ini harus menjadi wahana untuk membangun diri agar menata kembali gereja Kingmi Papua setelah mengalami perubahan.

20 ribu jemaat yang ada di wilayah Deiyai dalam lima Klasis ini mesti memahami akan pentingnya membangun jemaat dari basis keluarga.

“Keluarga harus menjadi basis agama, pendidikan, kesehatan, ekonomi serta basis menanamkan pendidikan dan nilai agama dan budaya,” paparnya kepada media ini disela-sela acara pembukaan Konfrensi di Onago Senin (25/10) lalu.

Menurut Pekey, upaya membangun  gereja yang memiliki pondasi manusia yang kuat, maka langkah awal yang dilakukan adalah  membinaan terhadap petugas-petugas gereja. “Saya sangat mengharap sekali agar gereja Kingmi menjadi basis yang bisa memproduksi manusia yang bisa bertangungjawab,” cetusnya dengan serius.

Sementara itu menurut ketua Panitia Konfrensi IX GKIP Koordinator Deiyai, Ateng Edoway, S.Pak,  mengungkapkan 700 peserta  itu adalah duta-duta dari lima Klasis yang ada diwilayah Deiyai, diantaranya, Klasis Yawamo, Klasis Tigi, Klasis Tigi Utara, Klasis Tigi Barat dan Klasis Yatamo. Mengawali kegiatan gerejani ini sebelum telah di laksanakan  senimar-seminar yang dibawahkan oleh  kaum intelektual Kingmi, semisal Drs. Menase Kotouki, MA, Amos Edoway, SE, Yosias Pakage, S.Sos.

Selain itu, kata  Ateng Edoway yang Ketua Sementara DPRD Kabupaten Deiyai itu mengatakan, telah melakukan ujian terhadap 260 hamba Tuhan yang sebelumnya berstatus gembala jemaat. Dan setelahnya akan ditahbiskan menjadi Pendeta. 260 gembala jemaat itu  memimpin 66 gereja yang tersebar di lima Klasis di wilayah Deiyai.

Sumber: KabarGereja