Monday 31 January 2011

Monday, January 31, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca 2000 Anak dan Remaja Rayakan HUT SEKAMI (Serikat Kepausan Anak dan Remaja Misioner) ke 164 di Paroki Maria Bunda Pembantu Abadi.
BATAM (KEPRI) - Sedikitnya 2000 (dua ribu) Anak, Remaja dan Pembina berkumpul di Kapel St. Dominikus untuk bersyukur dalam HUT SEKAMI ke -168. 

Acara ini juga sekaligus puncak Aksi Tiga Raja yang dilaksanakan anak dan remaja sejak Natal. Derma dari keluarga-keluarga yang berjumlah kurang lebih 32 juta akan dikirim ke Keuskupan  untuk selanjutnya diteruskan ke Karya Kepausan untuk misi anak-anak dibelahan dunia. 

Perayaan Ekaristi dipimpin RD. Lucius Poya Hobamatan, Pastor Kepala Paroki MBPA dan Paduan Suara Gabungan Legio Junior dan Misdinar. Setelah Perayaan Ekaristi acara dilanjutkan dengan berbagai hiburan. Di Paroki Maria Bunda Pembantu Abadi, Tembesi-Batam, SEKAMInya (Serikat Kepausan Anak dan Remaja Misioner) memiliki berbagai kegiatan. 

Baik dalam Komunitas Basis melalui Bina Iman Anak maupun dalam komunitas kategorial remaja lainnya. Kegiatan Bina Iman anak TIDAK diadakan di Gereja (Paroki) seperti dilakukan gereja-gereja pada umumnya pada saat misa; bagi SEKAMI Tembesi, ketika Ekaristi anak HARUS mengikutinya bukan berada di luar walaupun mengadakan kegiatan Sekolah Minggu. 

Sejak dini anak dan remaja sudah terbiasa mengikuti perayaan Ekaristi; yang terpenting adalah bagaimana peran orang tua mengarahkan anaknya agar tidak mengganggu perayaan; mengarahkan anak agar tidak ribut bukan berarti menjauhkan mereka dari "Yesus Ekaristi". 

Oleh karenanya kegiatan Sekolah Minggu/Sabtu Ceria/Bina Iman Anak dilakukan di Komunitas Basis masing-masing. Di Paroki Tembesi tahun 2010 ada 81 Komunitas Basis, otomatis minimal ada 81 orang pembina yang sudah diberdayakan untuk menjadi pendamping di komunitasnya masing-masing. 

Pola Pastoral ini rupanya merupakan salah satu indikator bahwa Paroki ini sejak dini sudah berjuang melaksanakan 5 tugas perutusan Gereja dalam dan melalui Komunitas Basis sebagaimana diharapkan oleh para Uskup se Asia dan menjadi Visi Gereja Asia; Gereja Partisipatif; Persekutuan Komunitas-komunitas. Demikian juga pastoral remaja, pelan namun pasti dilaksanakan dalam KBG (Komunitas Basis Gerejani); Legio Maria Junior di Paroki ini berjumlah 9 presidium juga terus berkembang dalam wilayah-wilayah pastoral yang tersebar di paroki ini. 

Sumber : Kuria Maria Bunda Gereja Batam