Friday 7 January 2011

Friday, January 07, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Mgr Yohanes Pujasumarta Dilantik Sebagai Uskup Agung Semarang.
SEMARANG (JATENG) - Mgr Yohanes Pujasumarta dilantik sebagai Uskup Agung Semarang, melalui perayaan Ekaristi yang digelar di Gereja Katederal Semarang, Jumat (7/1).

Upacara pelantikan yang dipimpin oleh Kardinal Julius Darmaatmaja tersebut diikuti lebih dari seribu umat Katolik dari wilayah Semarang dan sekitarnya.

Upacara pelantikan yang juga dihadiri oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Leopoldo Girelli tersebut, diawali dengan perarakan rombongan Keuskupan Agung Semarang dan Keuskupan Bandung.

Puncak upacara pelantikan ini ditandai dengan penunjukan surat keputusan Paus Benediktus XVI tentang pengangkatan Mgr Yohanes Pujasumarta sebagai Uskup Agung Semarang.

Surat keputusan berbahasa Bulla tersebut ditunjukkan kepada para peserta upacara oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr.Leopoldo Girelli.

Surat keputusan tersebut selanjutnya diserahkan kepada Mgr Pujasumarta untuk dibacakan.

Dalam Bulla tersebut dijelaskan bahwa Keuskupan Agung Semarang membutuhkan gembala baru setelah sebelumnya kosong selama beberapa waktu.

Selain itu, Paus juga menilai Mgr Pujasumarta cukup berpengalaman untuk memimpin Keuskupan Agung Semarang.

Puncak upacara pelantikan tersebut ditutup dengan penyerahan tongkat penggembalaan oleh Kardinal Julius Darmaatmaja kepada Mgr Pujasumarta.

Paus Benediktus XVI menunjuk Mgr Pujasumarta sebagai Uskup Agung Semarang pada 12 November 2010. Mgr Pujasumarta sebelumnya menjabat sebagai Uskup Bandung. Romo bergelar Doktor Teologi Spiritual Universitas St Thomas Aquinas Roma, Italia ini lahir di Surakarta, 27 Desember 1949.

Sumber: Antara