Thursday 24 February 2011

Thursday, February 24, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Tarekat Suster Obra Misionera de Jesus Y Maria (OMJM) Resmi Berkarya di Kupang.
KUPANG (NTT) - Kongregasi suster Obra Misionera de Jesus Y Maria (OMJM) yang berbasis di Spanyol secara resmi berkarya di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. 

Acara pemberkatan biara OMJM dilakukan pada 23 Februari dan dihadiri ratusan umat, termasuk para imam dan suster dari beberapa biara yang ada di Kota Kupang. Dalam sambutannya Uskup Agung Kupang, Mgr. Petrus Turang, Pr meminta agar suster-suster OMJM menunjukkan kekhasan misi tarekatnya, dan memfokuskan diri pada persoalan yang dihadapi umat di Kupang. 

“Para suster berkarya di Kota Kupang. Perhatian anda bukan lagi pada umat di benua lain, tapi masalah yang dihadapi umat di sini. Kami nantikan karya para suster di keuskupan ini,” kata Uskup Turang seperti dilaporkan Pos Kupang. 

Pemberkatan biara ini mempunyai arti dan makna hanya ketika komunitas memiliki kasih yang lahir dari hati dan dibagikan kepada orang di sekitar, lanjut Uskup Turang. Tarekat OMJM didirikan tanggal 14 November 1939 oleh Beata Maria Pilar Izquerdo di Kota Madrid Spanyol. Kongregasi ini resmi menjadi Kongregasi Keuskupan pada 27 Juli 1961 dan menjadi Kongregasi Kepausan pada 12 Oktober 1981. 

Tarekat ini aktif menghadirkan hidup Yesus ke seluruh dunia melalui karya-karya kasih,’ dengan spiritualitas devosi khusus kepada ‘hati Kudus Yesus dan Bunda Maria tanpa noda.’ Menyadari pentingnya penyebaran tarekat ini kepada dunia, pada 5 Juni 2006 lalu, Pemimpin Umum Tarekat OMJM, Sr. M.M Jesus Carbajo mengunjungi Uskup Agung Kupang, Mgr. Petrus Turang, Pr dan meminta agar kongregasinya diterima di Keuskupang Agung Kupang. 

Dalam situs resmi kongregasi, disebutkan bahwa keterlibatan mereka di Kupang sudah dimulai pada Februari tahun 2007, dengan kedatangan empat orang suster. Mereka memperkenalkan tarekat, mengenal daerah misi seperti mempelajari bahasa dan kebudayaan setempat, dan mempromosikan panggilan bagi orang muda untuk bergabung.

Sumber : Cathnews Indonesia