Friday 11 March 2011

Friday, March 11, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Gempa 8,9 SR Picu Tsunami Menghantam Jepang.

TOKYO (JEPANG) - Jepang dilanda gempa bumi berkekuatan 8,9 di lepas pantai timur laut pada Jumat siang (11/3) , menghempaskan tsunami setinggi 4-meter yang menghanyutkan mobil dan merusak bangunan di sepanjang pantai di dekat pusat gempa, dengan laporan tentang adanya korban cedera di Tokyo.

Di berbagai lokasi di sepanjang pantai Jepang, tayangan televisi menunjukkan kerusakan besar dari tsunami, dengan puluhan mobil, kapal dan bahkan bangunan yang terbawa oleh air. Sebuah kapal besar tersapu oleh tsunami menabrak langsung ke pemecah ombak di kota Kesennuma di Prefektur Miyagi, menurut siaran di Stasiun TV NHK.

Pejabat mencoba untuk menghitung kerusakan, cedera dan kematian akibat gempa tetapi tidak dapat merincikan secara langsung.

Gempa yang terjadi pukul 14:46 ini diikuti oleh serangkaian gempa susulan yang kuat, termasuk satu 7.4-besarnya sekitar 30 menit kemudian. Geological Survey Amerika Serikat menyatakan kekuatan gempa pertama yang berkekuatan 8,9, sementara lembaga meteorologi Jepang menyatakan kekuatan gempa pada 7,9.

Badan meteorologi mengeluarkan peringatan tsunami untuk pantai Pasifik seluruh Jepang. NHK merupakan peringatan orang-orang dekat pantai untuk mendapatkan lebih aman ground.The Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di Hawaii mengatakan peringatan tsunami berlaku untuk Jepang, Rusia, Marcus Island, Marianas Utara, Guam, Taiwan, Filipina, Indonesia dan negara AS Hawai.

Gempa terjadi pada kedalaman enam mil (10 kilometer), sekitar 80 mil (125 kilometer) di lepas pantai timur, kata kepala Meteorologi Jepang. Daerah yang terkena tsunami berjarak 240 mil (380 kilometer) timur laut dari pusat kota Tokyo.

Di Tokyo, pekerja yang berada di gedung-gedung besar dan bertingakat berhamburan ke jalan untuk keselamatan sebab gedung tersebut beguncang dengan kuatnya. Tayangan televisi menunjukkan beberapabangunan besar terbakar api dan mengepulkan asap di distrik Odaiba dari Tokyo. Kereta api cepat pun dihentikan dan penumpang keluar dan berjalan sepanjang rel.

Langit-langit di Kudan Kaikan, sebuah aula besar di pusat kota Tokyo, ambruk, melukai sejumlah orang, seperti yang disiarkan NHK.

Sumber: Tim PPGI