Wednesday 30 March 2011

Wednesday, March 30, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Pembangunan Gedung Pos Pelayanan GPIB Effata Tanggarong Terhenti. TENGGARONG (KALTIM) - Pembangunan gedung gereja GPIB Effata Tanggarong Pospelkes Hosana Loa Ulung untuk sementara dihentikan akibat banyaknya jemaat yang pindah tempat untuk mencari pekerjaan dan sebagian ada yang pulang kampung.

Seperti yang ditulis tuanisianipar.blogspot.com, (28/03) Warga jemaat GPIB Efata Tenggarong Pospelkes Hosana Loa Ulung yang terdiri dari 99 KK (431 jiwa)sebagian besar kepala rumah tangga bekerja ditambang batubara dan ibu-ibunya bekerja di ladang, sedangkan perusahaan tambang tempat kerja jemaat tersebut sudah ditutup.

Akibat dari penutupan pabrik, banyak jemaat yang pindah untuk mencari pekerjaan dan sebagian ada yang pulang kampung. diperkirakan sekitar 50% jemaat masih bertahan sambil menunggu ada pekerjaan baru. Menurut salah seorang majelis setempat memperkirakan beberapa tahun kedepan jemaat hosana Loa ulng akan kosong..

Gedung gereja pada awalnya berdiri di lokasi tambang, tapi karena konisi tanah yang tidak stabil dan dibawahnya ada terowongan bekas tambang dalam, dan kemudian berakibat retaknya kondisi tanah dilokasi gereja dan rumah-rumah jemaat yang ada disekitar gereja.

Kemudian penduduk dan gedung gereja dipindahkan ke lokasi baru, dan pembangunan gerejapun dimulai dari awal. Peletakan batu pertama pembangunannya dimulai sejak 23 Mei 2010 oleh Pdt.Yorinawa Salawangi,S.Th dan Pdt.Roslyn Manopo,S.Th.

Sumber: Tim PPGI