Monday 14 March 2011

Monday, March 14, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Tim KBRI Temui 124 WNI di Gereja Interdenominasi Injili Indonesia (GII) di Oarai. TOKYO (JEPANG) - Tim KBRI di Oarai, Prefektur Ibaraki sudah berhasil menemui WNI yang terkena bencana di wilayah tersebut. Tim tiba pukul 21.00 malam waktu setempat. Sebanyak 124 WNI ditemukan dalam keadaan selamat di Gereja Interdominasi Injili Indonesia yang secara swadaya menjadi menjadi penampungan sementara.

Tim tiba setelah melakukan perjalanan selama 7-8 jam, menempuh jarak sekitar 130 km melalui jalur umum mengingat jalur tol masih ditutup. Kondisi Kota Oarai gelap gulita, seluruh fasilitas pendukung seperti air, listrik dan gas terputus.

WNI yang mengungsi lebih memilih untuk tetap berdiam di gereja tersebut karena mereka mengkhawatirkan apabila ada gempa dan bencana tsunami susulan. terlebih lagi sebagian besar kondisi tempat tinggal para WNI sudah rusak dan tidak layak huni. Para WNI mendirikan dapur umum namun stok sangat terbatas dan kemungkinan hanya akan bertahan untuk 1-2 hari kedepan.

Tim membawa logistik makanan dan selimut namun untuk kedepannya belum bisa dipastikan apakah bantuan dari pemerintah setempat bisa segera diperoleh. Hal lain yang juga dikhawatirkan para pengungsi adalah aliran listrik dan sarana komunikasi yang belum pulih di wilayah Oarai.

Sumber: KBRI Tokyo