Sunday 13 March 2011

Sunday, March 13, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca HKBP Resort Pendidikan Medan Gencar Membangun Gedung dan Kerohanian Jemaat. MEDAN (SUMUT) -Gereja HKBP Resort Pendidikan Medan, Jalan AR Hakim Gang Pendidikan, Medan Area yang sedang gencar melakukan pembangunan. Tidak hanya membangun gerejanya tetapi juga membangun manusianya.

Pdt Liberty Tampubolon STh, pendeta di HKBP Pendidikan Medan menegaskan, renovasi dan pembangunan gereja HKBP Pendidikan yang saat ini dilakukan harus diimbangi dengan pembangunan kerohanian jemaat. “Ayat-ayat yang mengatur tentang pembangunan manusia dan gedungnya tertulis di dalam injil Matius 16:16 dan Efesus 6:4. Pembangunan gereja ini juga seiring dengan pembangunan manusianya,” kata Pdt Liberty didampingi Guru Huria HKBP Pendidikan, Gr J Nadapdap, Jumat (4/3) siang saat ditemui di depan gereja.

Pemangunan kerohanian jemaat saat ini diprioritaskan kepada sekolah minggu, remaja dan muda-mudi/naposo gereja. “Sekali sebulan kita memberikan pelatihan kepada guru sekolah minggu agar kualitas guru sekolah minggunya mendidik anak-anak sebagai generasi penerus gereja dan penerus kerjaan Allah Bapa nantinya, kian meningkat,” terang gembala gereja tersebut.

Selain itu, HKBP Pendidikan juga mengirimkan jemaatnya untuk meningkatkan pengetahuan rohani dengan belajar di gereja lain di lingkungan HKBP. “HKBP Pendidikan sendiri mengirimkan 12 orang untuk mengikuti pendidikan di Gereja HKBP Seksama sesuai dengan Kurikulum Pendidikan Agama Kristen versi HKBP dalam mendidik anak-anak sekolah minggu, remaja dan muda-mudi/naposonya.

Tidak hanya itu, kita juga mengarahkan agar remaja dan muda-mudi/naposonya agar menjadi aktivis didalam gereja yang berbentuk pelayanan rohani, koor, vokal group dan memainkan alat musik gereja,” tuturnya.

Selain mempersiapkan pembangunan kerohanian, HKBP Pendidikan juga sedang melakukan renovasi degung gereja. “Supaya anak-anak sekolah minggu, remaja dan muda-mudi/nasposo serta kaum ibu dan bapak bisa mendapatkan kebangunan rohani dengan sepenuhnya,” ujar Pdt Liberty lagi. Renovasi gedung sendiri direncanakan dilakukan secara bertahap dalam kurun waktu 2-3 tahun kedepan. Untuk tahap awal, renovasi dan pembangunan gereja ini seyogyanya selesai 2011 ini.

“Perlu diingat, gedung gereja sebagai simbol kehadiran dan kenampakkan tubuh Kristus didunia ini maka dari itu selain kualitas dari gedungnya, rancangan gereja itu haruslah yang layak dan baik karena merupakan wujud dari peribadahan yang tentram, damai dan tenang.

Tidak kala pentingnya, pembangunan manusianya dimulai sejak dari usia dini sebab semuanya ada ditangan generasi-generasi anak-anak dan muda/mudi sekarang,” ujarnya.

Dikatakan Pendeta Liberty Tampubolon lagi, agar kesediaan dan partisipasi semua pihak khususnya orang tua, majelis gereja termasuk panitia untuk menggalang semua potensi umat dan gereja termasuk dari luar yang tidak mengikat.

Ketua Panitia Pembangunan Gereja HKBP Pendidikan, Drs JE Lumbangaol disela-sela juga menghimbau agar semua anak-anak jemaat HKBP Pendidikan yang ada dirantau turut serta dalam pembangunan gereja dan pembangunan manusianya. “Saya himbau kepada anak-anak jemaat HKBP Pendidikan yang ada dirantau atau dimana pun turut serta dalam pembangunan kali ini,” imbaunya.

Pendeta Liberty Tampubolon yang didampingin Guru Huria, Gr J Nadapdap meminta dengan sangat agar semua anak-anak jemaat baik alumni dari SD Swasta HKBP Pendidikan atau pun alumni sekolah minggu untuk bahu-membahu dalam pembangunan gereja dan pembangunan manusianya.

“Diminta kepada alumni SD Swasta HKBP Pendidikan dan alumni anak-anak Sekolah Minggu Gereja HKBP Pendidikan saling membantu membangun gedung gereja, renovasi gedung gereja dan pembangunan manusianya,” tutupnya.

Sumber: Harian Sumutpos