Friday 4 March 2011

Friday, March 04, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Warga Girian Atas Gelar Doa Bersama Menolak Bala.
BITUNG (SULUT) — Dianggap kondisi dan suasana kampung tidak aman lagi, tokoh masyarakat Girian Atas Kota Bitung menggelar doa bersama atau doa tolak bala. Pasalnya berbagai persoalan yang sempat terjadi di Girian Atas, mulai dari hilangnya sejumlah hasil bumi warga, kemudian meninggalnya sejumlah warga secara berturut-turut, memaksa pihak kelurahan dan tokoh agama untuk melakukan prosesi doa teritorial yang dahulu kala dikenal dengan istilah “ator kampung”.

“Kegiatan ini sudah lama tak dilaksanakan, tapi karena sejumlah persoalan sempat terjadi di kelurahan ini, maka atas ide dan usulan warga, kegiatan ini bisa dilaksanakan. Tapi kalau dulu dengan cara memotong hewan untuk melihat hatinya, kini prosesi itu diganti dengan prosesi doa teritorial,” kata Lurah Girian Atas, Henny Pauned, Selasa (01/03) subuh.

Dijelaskannya, kalau prosesi ini diikuti oleh seluruh warga Girian yang berasal dari semua denominasi gereja, ditambah dengan jamaah Muslim yang melakukan doa dan kidung rohani di batas-batas kelurahan dan sepanjang jalan Kelurahan Girian Atas.

Sementara itu, Ketua Jemaat GMIM Baitel Girian, Pdt JCM Waworuntu, dalam khotbah ibadah Oikumene tersebut mengatakan kalau warga Girian

harus merubah perilaku apabila selama ini ada yang salah dan tidak berkenan kepada Tuhan “Ini harusnya menjadi momen pertobatan seluruh warga Girian,” katanya.
Kegiatan ini juga dihadiri pimpinan Gereja Pantekosta, Gereja Karismatik, Gereja Kristen Anugerah, Gereja Katolik serta umat Islam.

Sumber: Beritamanado