Saturday 12 March 2011

Saturday, March 12, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca WNI di Jepang Dirikan Posko dan Dapur Umum di Gereja GIII Oarai. TOKYO (JEPANG) - WNI di Jepang tengah menunggu evakuasi yang dilakukan oleh KBRI di Jepang. Mereka bersama-sama mendirikan posko dan dapur umum untuk tetap bertahan di tengah bencana menanti bantuan datang.

"Malam ini keadaan di Oarai mulai agak tenang karena gempa mulai jarang terjadi. WNI yang mengungsi di Gereja GIII Oarai mendirikan posko dan dapur umum untuk melayani sekitar 50-an orang dewasa dan 20-an anak-anak yang mengungsi," kata salah seorang warga negara Indonesia yang berada di Kota Oarai, Sterly Makalew, lewat surat elektronik yang dikirimkan kepada detikcom, Sabtu (12/3/2011).

Menurut Sterly, hubungan dengan KBRI baru bisa dilakukan beberapa saat lalu. Sebab jaringan telekomunikasi di Jepang terputus paska tsunami.

"Kontak dengan KBRI baru sekali terjadi karena sulitnya komunikasi lewat telepon. Pihak KBRI bekerja sama dengan pihak Gereja GIII Tokyo tengah mengupayakan mengirimkan bantuan walaupun agak kesulitan karena akses jalan banyak yang putus dan jalan tol ditutup," tutur Sterly.

Sementara itu WNI yang bisa memasak membuat stok makanan untuk WNI yang mengungsi. Mereka tampak akrab seperti berada di kampung halaman Indonesia.

"Dengan peralatan dan stock makanan seadanya kami bahu membahu menyiapkan makanan untuk seluruh WNI yang mengungsi," tutupnya.

Sumber: Detik