Sunday 17 April 2011

Sunday, April 17, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca 300 Jemaat GKI Yasmin Gelar Ibadah Minggu di Depan Istana Negara.
JAKARTA - Sekitar 300 jemaat Gereja Kristen Indonesia Taman Yasmin Bogor, Jawa Barat, berunjuk rasa menuntut pemerintah memberikan kebebasan bagi jemaat dalam beribadah. Aksi dilakukan dengan menggelar kebaktian di depan Istana Negara Jakarta.

Aksi protes jemaat GKI Taman Yasmin dimulai sekitar pukul 13.00. Aksi dipimpin langsung Pendeta Ujang Tanusaputra.

Dalam orasinya, demonstran meminta pemerintah, dalam hal ini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, memerintahkan wali kota dan wakil wali kota Bogor agar menghormati dan melaksanakan keputusan Mahkamah Agung. Keputusan MA itu antara lain memberikan kebebasan bagi jemaat GKI Taman Yasmin untuk beribadah di gereja mereka. Massa pun meminta Presiden SBY menindak aparat keamanan Kota Bogor yang melakukan tindak diskriminasi dan intimidasi kepada jemaat GKI Yasmin.

Menurut demonstran, mereka kini terpaksa menjalankan ibadah kebaktian di trotoar. Itu karena gereja mereka disegel oleh Pemkot Bogor.

Sengketa antara pemerintah daerah dan pihak GKI mulai bergulir sejak Februari 2008, ketika pemerintah daerah membatalkan izin membangun gereja yang sudah dikeluarkan dua tahun sebelumnya. Alasan pembatalan izin pembangunan gereja oleh pemda dikarenakan adanya keluhan dari warga setempat. Warga menuduh pembangunan gereja tersebut digunakan untuk menyebarkan ajaran Kristen di wilayah itu.

Sumber:Metro TV