Monday 25 April 2011

Monday, April 25, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Puluhan Pasien Kusta di Kupang dapat Pengobatan Gratis. KUPANG (NTT) - Puluhan pasien kusta mendapatkan pengobatan gratis dari para suster Abdi Roh Kudus (SSpS) di balai pengobatan St. Joseph Merdeka Kupang .

Pengobatan yang dilakukan pada 19 April lalu dihadiri oleh 35 penderita kusta yang sebagian besar adalah lansia yang mengikuti kegiatan pengobatan kusta selama setahun penuh yang diadakan oleh para suster SSpS.

Sebulan sekali para suster mengadakan pengobatan gratis dan memberi bantuan lain berupa beras, mie, susu, minyak bimoli bahkan pakaian kepada para penderita kusta.

Klinik St. Joseph yang dikepalai Sr. Agustina Nahak SSpS dan didampingi Sr. Antoneta SSpS selaku juru rawat, bernaung dibawah yaysan Regina Angelorum.

“Kami selalu mendapat perhatian yang baik dari para suster. Mereka menangani sampai sembuh secara total, tidak setengah – setengah. Mereka juga sering mengunjungi kami untuk melihat perkembangan kami,” kata Magdalena Fallo, salah seorang ibu penderita kusta.

Afliani Ena, salah satu dari juru rawat, mengatakan para pasien kusta ini datang dari daerah – daerah di sekitar kupang dan 35 pasien ini merupakan mereka yang telah berobat secara penuh selama satu tahun dan dinyatakan sembuh.

“Masih ada banyak pasien yang berobat dan ditangani saat ini tapi ini secara bertahap,” ungkap Alfiani.

Menurut statistik , propinsi NTT menempati peringkat ketiga terkait jumlah penderita kusta terbanyak setelah Kalimanatan dan Papua.

Sumber: Cathnews Indonesia