Wednesday 13 April 2011

Wednesday, April 13, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM) akan Dukung Semua Calon Kepala Daerah.
AMBON (MALUKU) - Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM) akan mendukung kedelapan pasangan Calon Kepala Daerah (Calkada) Kota Ambon yang akan bertarung pada 16 Mei mendatang, dan tidak akan berpihak kepada salah satu pasangan calon.

Hal ini ditegaskan Ketua Majelis Pekerja Harian Sinode GPM Maluku, John Ruhulesin kepada wartawan usai coffee morning Majelis Pekerja Harian Sinode GPM bersama kedelapan pasangan calkada Kota Ambon periode 2011-2016, yang berlangsung di Aula Kantor Sinode GPM, Sabtu (2/4).

Kedelapan pasangan calkada Kota Ambon tersebut, yaitu Abraham Pakel-Saidin Ernas (BRAMSAID), Daniel Palapia-La Suryadi (DAYA), Ferry Wattimury-Awath Ternate (WATE), Richard Louhenapessy-MAS Latuconsina (PAPARISA), HJ Huliselan-Machfud Waliulu (SELALU), Paulus Kastanya-La Hamsidi (KASIH), Lucky Wattimury-Hero Drachman (PATTIMURA) serta Olivia Latuconsina-Andre Henanusa (LATUNUSA).

Ruhulesin mengatakan, Gereja merasa berkewajiban dan terpanggil secara moral dan tidak memandang perbedaan agama. Pasalnya gereja terpanggil untuk untuk melayani semua orang. Ditandaskan, GPM mendukung dan mengayomi kedelapan calkada, yang adalah putra-putri terbaik. "Pilkada di Kota Ambon menjadi barometer, sehingga proses politik harus berjalan dengan damai, rasa persaudaraan dan menghindari saling menciderai di antara sesama," harap Ruhulesin.

Dikatakan, sikap perspektif gereja telah ditunjukkan dengan memberikan dukungan terhadap kedelapan pasangan tersebut, sehingga Pilkada di Kota Ambon menjadi model proses politik di Maluku. Lanjut Ruhulesin, pilkada hanya alat untuk menghasilkan pemimpin di Kota Ambon. "Keyakinan gereja dengan momentum pilkada dapat menghasilkan pemimpin masa depan yang dipercaya oleh rakyat, yang tentunya merupakan anugerah Tuhan, sehingga tidak ada keberpihakan gereja terhadap salah satu pasangan," tandasnya.

Masih kata Ruhulesin, persaudaraan lintas agama harus terus dikembangkan dan dipertahankan, sehingga proses pilkada harus bermoral serta beretika guna memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat. Ditambahkan, pihaknya akan menginstruksikan kepada seluruh jemaat di Kota Ambon untuk berdoa kepada seluruh pasangan calkada. Kedelapan pasangan calkada yang hadir memberikan apresiasi terhadap coffee morning digelar Majelis Pekerja Harian Sinode GPM. Mereka berharap, kegiatan serupa diselenggarakan oleh pemuka agama lainnya.

Sumber: Siwalima