Wednesday 18 May 2011

Wednesday, May 18, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Pemimpin Gereja Koptik Bertemu Imam Masjid Al Azhar di Gereja Katedral. KAIRO (MESIR) - Pemimpin Gereja Orthodox Koptik di Mesir, Paus Shinoda ke III dari Alexandria dan Uskup Agung Santo Markus bertemu dengan Imam Masjid Al-Azhar Sheik Ahmad al Tayib di pusat dari Gereja Koptik yakni Gereja Katedral Abbasiya Santo Markus, Kairo, Mesir, Senin (17/05/2011).

Kedua pemimpin agama itu membahas langkah yang perlu diambil guna menurunkan tensi kekerasan yang saat ini tengah memanas di antara umat kedua agama tersebut.

Menurut Allvoices, Pertemuan yang keempat pada hari ini digelar terkaik meningkatnya konflik antar Kristen - Islam di negeri itu yang mengakibatkan jatuhnya korban, mulai dari pengeboman gereja di Alexandria, desember 2011 hingga bentrokan pada Sabtu pekan lalu saat sejumlah demonstran dari kalangan Kristen Koptik, yang berdemo di depan kantor pemerintahan sementara di tepi Sungai Nil, diserang sejumlah orang Islam . Ratusan orang terluka, dan sejumlah kendaraan dirusak massa.

Konflik ini semakin meningkat akibat tingginya intoleransi serta tertutupnya umat Islam terhadap Umat Kristen Koptik paska kejatuhan Mubarak. Ini dapat dilihat dari sikap mereka yang cepat terpancing terhadap isu-isu sara yang tersebar di kalangan mereka sendiri, sehingga tanpa ada penyelidikan mereka langsung melakukan tindakan tidak terpuji terhadap umat Kristen dan fasilitas yang berkaitan dengan gereja.

Sumber: Tim PPGI/ Egypt Faster News