Wednesday 25 May 2011

Wednesday, May 25, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Persekutuan Gereja-gereja Kristen (PGK) se-Kota Bandung : Pdt Hassadah dan Kingdom Movement Community, Sesat.
BANDUNG (JABAR) - Selain menyatakan kelompok Kingdom Movement Community yang dipimpin Hadassah J Werner sesat, 50 pimpinan sinode gereja yang tergabung dalam Persekutuan Gereja-gereja Kristen (PGK) se-Kota Bandung juga meminta polisi dan pemerintah segera turun tangan untuk menghentikan kegiatan kelompok itu yang berpusat di Gereja Bethel Tabernakel (GBT) Lengkong Besar No 9.

Hal itu dikatakan Bimas Kristen Kementrian Agama Jabar JM Nainggolan kepada wartawan usai melakukan pertemuan dengan pimpinan sinode gereja di Bandung serta orangtua korban di Grans Eastern, Jalan Pasirkaliki, Rabu (25/5/2011).

"Kami menyusun rekomendasi kepada kepolisian dan pemda untuk melarang dan menutup kegiatan kelompok Hadassah," ujar JM Nainggolan.

Dia menegaskan usulan ini bukan hanya pendapat sinode GBT, namun seluruh sinode di Kota Bandung yang terwakili dalam Persekutuan Gereja-gereja Kristen se-Kota Bandung. "Ini adalah suara bersama. Kita nanti akan koordinasi dengan pemda dan juga Kemenag, karena tak mudah juga untuk menutup sesuatu karena menyangkut demokrasi dan HAM," katanya.

Di tempat yang sama Ketua Bidang Misi MPP GBT Pendeta Iskandar Mulyawan mengaku sepakat dengan Bimas Kristen Kemenag Jabar. "Kami dari pihak sinode setuju dengan langkah yang diambil Bimas Kristen untuk menghentikan segala kegiatan Kingdom Movement Community," ujar Iskandar.

Apalagi, katanya, Hadassah yang memusatkan kegiatan kelompoknya di GBT Lengkong Besar masih mengklaim dinaungi sinode GBT.

Ketika ditanya apakah GBT Lengkong akan diambil alih, Iskandar mengatakan menyerahkan semuanya kepada Bimas Kristen untuk mengambil langkah segera menghentikan kegiatan kelompok Kingdom Movement Community.

Lebih lanjut disinggung soal tanggapan jemaat GBT mengenai kasus ini, Iskandar mengaku banyak di antara jemaat yang bertanya-tanya. "Kehadiran mereka tetap, tapi mereka bertanya-tanya kenapa ada kelompok kita yang seperti itu. Ya tugas gembala untuk menjelaskan," katanya.

MPP Sinode GBT akan segera menyebarluaskan surat edaran berisi SK pemberhentian Hadassah sebagai gembala Tuhan kepada seluruh gereja di Kota Bandung. "Ini untuk menegaskan jika Hadassah kini tak punya kewenangan lagi," tegasnya.

Pendeta Hadassah J Werner diduga telah mengajarkan ajaran sesat kepada para jemaatnya, khususnya anak muda. Hadassah menjauhkan anak dari orangtuanya lalu membentuk komunitas yang diberi nama Kingdom Movement Community.

Dalam ajarannya, Hadassah menyatakan jika ibu kandung hanya sebagai jalan lahir saja. Kedudukannya lebih rendah dibandingkan dengan ibu rohani, yang tiada lain dirinya.

Namun Hadassah membantah semua tuduhan tersebut. Merasa dicemarkan nama baiknya, Jumat lalu (20/5/2011), Hadassah dan kuasa hukumnya melaporkan eks jemaatnya yang berbicara pada media massa ke Polrestabes Bandung.

Sumber: Detik Bandung