Tuesday 14 June 2011

Tuesday, June 14, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Gereja - gereja di Papua Rayakan Peringatan Hari Pentakosta yang Kedua. JAYAPURA (PAPUA) - Puluhan ribu umat Kristen di Papua dari berbagai denominasi menghadiri dan merayakan ibadah peringatan hari Pentakosta pada hari ke dua, Senin (13/06/2011) di jemaatnya masing-masing.

Gereja Kristen Injili (GKI) di Tanah Papua, merupakan salah satu sinode yang secara resmi mengadakan perayaan hari Pentakosta. Puluhan ribu umat melaksanakannya di masing-masing Klasis yang tersebar di seluruh Papua dan Papua Barat.

Beberapa Klasis yang diliput antara lain Klasis Jayapura dan Klasis Sentani, Klasis Jayapura mengadakan ibadah di sejumlah titik lokasi di kota Jayapura antara lain; di halaman Kantor Gubernur Provinsi Papua (Rayon A) yang dilayani oleh Pdt Nataniel Tarigan, di halaman GOR Cenderawasih (Rayon B) dilayani oleh Pdt Sostenes Sumihe sedang Lapangan Brimob Kotaraja (Rayon C) dilayani oleh Pdt Mecky G.Wutoy.
dengan tema "Hidup dalam Roh dan Kebenaran".

Sedangkan pada Klasis Sentani, Ibadah Padang, perayaan yang dihadiri ribuan umat dari 40 jemaat, dipimpin oleh Pdt Rainer Shceuneman dan dipusatkan di Pantai Kalkote, Kampung Harapan, dipinggir Danau Sentani mengambik tema "Ya Roh Kebenaran Pimpinlah Kami".

Ibadah-ibadah tersebut diikuti dengan khidmat dan dimeriahkan dengan fragmen oleh pemuda dan puji-pujian oleh paduan suara yang berasal dari dari unsur-unsur jemaat yang berada di rayon d an klasis masing-masing.

Para hamba Tuhan pada kesempatan tersebut secara umum menyatakan bahwa umat di tanah Papua, tanah yang diberkati, harus menjadi saksi dalam Injil Kebenaran serta menjauhi segala hal yang buruk sehingga umat menjadi berkat untuk sesama.

Pdt Mecky Wutoy pada khotbah di Rayon C mengatakan bahwa hari ini digelar bukan untuk merayakan kedatangan Roh Kudus sebab Roh Kudus sudah ada sejak awal penciptaan, melainkan diadakan untuk memperingati hari jadi dari berdirinya Gereja.

Sedang pendeta Rainer Shceunemann pada khotbahnya menyatakan bahwa pada hari Pentakosta ini, umat GKI diharapkan introspeksi diri, dan mencabut semua kesalapahaman yang ada di antara jemaat sehingga dapat berorientasi kepada kebersamaan dan kesungguhan dalam melayani Tuhan.

Selain di jemaat-jemaat GKI Tanah Papua, Ibadah perayaan Pentakosta hari kedua juga dilaksanakan beberapa Gereja antara lain oleh Gereja Bethel Indonesia (GBI) Wilayah Jayapura yang diikuti ribuan umat dan dilaksanakan di Pantai Base-G, dan oleh Gereja Baptis Anugerah Indonesia (GBIA) yang dilaksanakan di jemaat baru Skyland, dipimpin oleh Pdt Lidya Karetji.

Hari ini secara khusus di tetapkan sebagai hari libur resmi di wilayah Papua sehingga kota Jayapura dan beberapa kota lainnya tampak sepi karena banyaknya jemaat yang mengikuti ibadah.

Sumber: Tim PPGI