Sunday 19 June 2011

Sunday, June 19, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Tokoh Gereja Anggap Layanan Doa Crestinorthodox, Meragukan. BUCHAREST (RUMANIA) - Sebuah situs online yang membuat layanan pengiriman doa dengan beban biaya tertentu yang doanya dibacakan oleh pendeta saat ibadah yang dilaksanakan di empat gereja besar di Gereja Orthodox Romania, dikritisi oleh tokoh Gereja Orthodox dan denominasi gereja lainnya.

Pemimpin Gereja Ortodoks Rumania di Houston, Amerika Serikat, Frater Iulian Anitei tidak menyetujui apa yang dilakukan perusahaan tersebut, menurutnya legitimasi dari perusahaan dan layanan doa tersebut sangat meragukan. "Para orang tua dalam gereja Orthodox tidak terbiasa melakukan sesuatu yang berkaitan dengan internet dan orang-orang muda belum terbiasa memberikan daftar doa yang tradisional ke gereja" ujar Anitei.

Menurutnya perusahaan tersebut mungkin akan pergi ke seorang imam dari empat gereja Rumania yang terdaftar dan memberikan mereka daftar doa serta "sumbangan" seperti seorang "perantara".

Walaupun praktek menerima sumbangan merupakan bagian dari gereja-gereja Ortodoks Rumania dan gereja seluruh dunia, tetapi hal itu tidak perlu terpaksa dan harus dilakukan secara sukarela. "Saya tahu para pemimpin Ortodoks di Rumania tidak akan setuju karena mereka sangat tradisional, "katanya Anitei "Ini bukan bahwa mereka mengharapkan Allah mengampuni mereka dengan dosa-dosa mereka karena mereka telah memberi uang. Melainkan adalah cara untuk mengekspresikan iman mereka yang mendalam. "

Profesor Craig J. Hazen dari Universitas Biola di Kalifornia Selatan mengatakan bahwa konsep membayar untuk sebuah doa adalah masalah baginya.

"Di satu sisi, saya penggemar berat doa dan jika dapat, seluruh gereja Kristen yang ingin menghibur permohonan doa saya, maka saya akan mengangkat mereka pada bahwa dalam sekejap," ia berkomentar. "Di sisi lain, jika mereka ingin saya membayar untuk itu, maka itu hanya keluar dari batas [iman Kristen]. Tampaknya seperti praktik dan jenis pelayanan yang bukan diajarkan oleh Yesus Kristus dan rasul-Nya"

Sedangan mayoritas umat Kristen Orthodox di Romania sebanyak 85% dari warga Romania menolak tawaran website itu, sebab hal itu dapat membuat mereka malas tuk beribadah dan mengadakan persekutuan dengan sesama yang merupakan bagian penting dalam persekutuan orang Kristen.

Harga Sebuah Doa

Perusahaan bernama Crestinortodox, pada halaman utama website menyatakan bahwa melalui layanan ini, mereka ingin agar Rumania disebutkan di mana-mana, dan untuk memperkuat iman mereka dan memberi kekuatan lebih cepat dalam menerima doa-doa saat kesulitan.

Sedang biaya yang dibebankan antara lain; 1,44 Dolar Amerika per hari atau 34 Dolar Amerika per bulan untuk doa-doa yang masuk dalam kategori kesehatan, hasil ujian yang baik, dan pengampunan dosa bagi mereka yang hidup dan mati. Perusahaan situs itu menerima pembayaran kartu kredit, termasuk PayPal.

Sumber: Christian Post