Thursday 14 July 2011

Thursday, July 14, 2011
1
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Waspadalah! Pastafarian, Agama Parodi yang Diseriusi Segelintir Orang.
WINA (AUSTRIA) - Berbagai cara dilakukan beberapa orang untuk menjatuhkan Kekristenan, mulai dari cara yang ilmiah, penuh intrik dan skeptis, mistik yang menipu, tekanan politik yang serius hingga parodi yang penuh kekonyolan.

Pastafaria salah satunya, pada awalnya sebagai bentuk kekecewaan dari teori Penciptaan ala Charles Darwin cs, malah digunakan oleh para Atheis dan Anti Kristen sebagai salah satu senjata yang digunakan untuk mengolok-olok doktrin Kristen.

Seperti disiarkan oleh Tempo Interaktif, Pastafarian atau "Gereja" Monster Spagheti Terbang kini menjadi pembicaraan di Austria. Berkat seorang "penganutnya", Niko Alm, yang diizinkan mengenakan "peci" dalam foto surat izin mengemudi.

Keberhasilan selama tiga tahun menggunakan Peci bulat yang sering dipakai kaum Muslim itu memang menjadi semacam identitas bagi penganut Pastafaria. “Hari ini (Kamis), saya bisa mendapatkan SIM baru saya. Peci saya telah diakui oleh Republik Austria,” tulis Alm dalam blog pribadinya, Kamis, (14/07/2011).

Alm mengatakan ia mengajukan permohonan SIM dengan foto berpeci pada 2008. Ia juga mengungkapkan bakal memperjuangkan sekte Pastafaria sebagai agama resmi yang diakui Pemerintah Austria.

Agama Parodi

Dikutip dari whatisacult.com, Pastafaria adalah agama parodi yang dipakai untuk mengejek teori evolusi, beberapa orang awam menganggapnya sebagai "aliran sesat" dalam agama Kristen. Kelompok ini didirikan pada Januari 2005 oleh Bobby Henderson (25) seorang sarjana fisika dari Negara Bagian Oregon, Amerika Serikat.

Mulanya Bobby yang protes terhadap kebijakan Dewan Pendidikan Kansas karena membolehkan Desain Intelijen sebagai alternatif dari teori evolusi yang diajarkan di sekolah-sekolah pemerintah membuat surat protes yang berisi "teori" baru tentang penciptaan dan dipajang di blognya venganza.org, sebab menurutnya teori evolusi memiliki kekurangan.

Teorinya barunya itu mengatakan bahwa alam semesta diciptakan oleh sebuah monster yang mirip dengan spagetti (mie) dan pentolan. Menurutnya kepada wartawan New York Times ilham dari teori ini dia dapatkan dari mimpi. Akibat dari kekonyolannya itu ia diancam dari berbagai pihak.

Awalnya kemunculan protes dari Bobby didukung oleh tokoh Gereja di Amerika, atas sikapnya yang menentang teori evolusi dengan cara humor. Namun sayangnya parodi ini ditanggapi serius oleh beberapa orang Anti Kristen dan dimanfaatkan untuk mengejek Kristen, dengan balik menghujat Tuhan adalah sama seperti Monster Spagetti dan Pentolan ciptaan Bobby.

Pada tahun 2006, oleh beberapa media sekular dan anti Kristen menyatakan Bobby Henderson sebagai "nabi" dari Pastafaria. Tidak sampai disitu, sekitar 15,000 surat elektronik (email)dari beberapa orang yang simpati kepadanya mengajak untuk membuat Flying Spaghetti Monster Church. 28 Maret 2006 atas pesanan dari Villar senilai 80.000 Dollar As, Bobby menulis The Gospel of the Flying Spaghetti Monster yang dipakai sebagai pedoman hidup mereka.

Agama parodi ini pun kemudian muncul di beberapa situs parodi seperti Boing Boing, Something Awful, Uncyclopedia, and Fark.com. Beberapa orang malah menambahkan berbagai doktrin aneh yang mengajarkan surga menyediakan segunung bir dan banyak penari bugil. Para pemeluk Pastafaria merayakan Jumat sebagai hari suci mereka. Menurut pastafaria, bajak laut adalah profesi abadi.

Ajaran ini terus berkembang dari Amerika Serikat hingga Eropa dan telah memiliki ribuan pengikut.(Tempo Interaktif/ Tim PPGI)