Thursday 22 September 2011

Thursday, September 22, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Ribuan Jemaat Hadiri Perayaan Jubileum 150 Tahun Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) di Distrik XIV Tebingtinggi Deli.
TEBINGTINGGI (SUMUT) - Puncak perayaan pesta Jubileum 150 tahun Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) di Distrik XIV Tebingtinggi Deli berlangsung sukses dan meriah. Acara dihadiri ribuan jemaat HKBP dari Batubara, Sergai dan Tebingtinggi di lapangan Merdeka Kota Tebingtinggi, Minggu (18/09/2011) sore.

Hadir Walikota Tebingtinggi H Umar Zunaidi Hasibuan, Wakil Bupati Sergai Ir H Soekirman, mewakili Bupati Batubara John Pittor Nababan SE, GM PLN Sumut bagian Pengembangan Ir Bintatar Hutabarat. Juga hadir Praeses XXII Pekanbaru Riau Pdt BDF Sidabutar STh, Muspida Tebingtinggi, anggota DPRD ketiga daerah serta para Pendeta, Guru Huria, Diakonis dan pekerja Gereja.

Diawali penyambutan barisan prosesi yang bergerak dari HKBP Kartini menuju lapangan Meredeka, selanjutnya ratusan anak siswa sekolah minggu melakukan tortor dengan membentuk konfigurasi 150 Tahun HKBP.

Mewakili Ephorus, Praeses HKBP Distrik XIV Tebingtinggi Deli, Pdt Armada Sitorus MTh dalam khotbahnya sesuai tema (Klose 2:6-7) menyebutkan walaupun HKBP sudah 150 tahun tetapi masih banyak tantangan yang harus dihadapi ke depan. Demikian warga Kristiani harus dapat tetap tumbuh, berkembang dan berakar di dalam Tuhan.

Melalui Jubileum 150 tahun, HKBP harus membangun jati dirinya sebagai Gereja yang bersumber pada Alkitab, beribadah dan mencerdaskan warga. Bersaksi dan melayani di tengah tengah masyarakat, serta mandiri di bidang teologi, daya dan dana.

Ir Bintatar Hutabarat mewakil jemaat HKBP mengakui, dia masih merupakan keturunan (cucu) Nomensen dan sangat bangga dapat mengikuti puncak pesta Jubileum 150 tahun Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) di Distrik XIV Tebingtinggi Deli. Dia minta agar jemaat HKBP selalu terseyum kepada siapapun juga, karena di lambang HKBP sudah jelas dibuat agar selalu tersenyum.

Anggota DPRD Sergai, Defriati Tamba minta agar Walikota Tebingtinggi dapat memerhatikan kegiatan umat Kristiani, kemudian menambah anggaran di P.APBD maupun PABD setiap tahunnnya.

Di Kabupaten Sergai, setiap kegiatan Kristen, Bupati tetap memplotkan anggaran yang besar mencapai Rp90 juta.

Karena itu, sangat diharapkannya Walikota Tebingtinggi memberikan perhatian terhadap umat Kristiani dan anggaran kegiatan yang akan ditampung di P.APBD dapat ditambahi, sehingga setiap kegiatan agama Kristen tidak terjadi terkendala.

Wakil Bupati Sergai Ir H Soekirman mendapat sambutan hangat dari jemaat HKBP ketika menjelaskan sejarah HKBP dan bagaimana HKBP lahir dibentuk 4 misionaris Kristen dengan menggunakan Bahasa Tapanuli dan selalu mempergunakan umpasa.

Umar Zunaidi Hasibuan menyambut baik saran anggota DPRD Sergai, terutama menyangkut masalah anggaran untuk kegiatan umat Kristen. Ini, akan menjadi perhatian bagi Pemko Tebingtinggi ke depan.

Keberadaan HKBP sangat penting, karena bersama pemerintah dapat menjadikan masyarakat semakin baik dan hidup sejahtera. Selain itu, kepedulian HKBP cukup luar biasa di tengah tengah bangsa dan Negera, karena melalui berbagai program HKBP masyarakat maupun Negara sangat terbantu.

Umar minta melalui HKBP masalah Narkoba yang saat ini menjadi ancaman, kiranya dapat diperangi. "HKBP sebagai Gereja terbesar harus menjadi contoh bagi gereja lainnya, umat Kristiani harus menjadi garam dan terang di tengah tengah masyarakat", pinta Umar.

Ketua panitia, Sermon Samosir SH M Hum melaporkan, panitia telah berupaya semaksimalnya untuk menyukseskan kegiatan puncak perayaan 150 tahun HKBP di Distrik XIV Tebingtinggi Deli. Panitia, menerima bantuan dari Walikota Tebingtinggi Rp10 juta, Bupati Batubara Rp18 juta dan Bupati Sergai Rp20 juta.

Sebagai bentuk cendramata, panitia juga menyerahkan ulos kepada Walikota Tebingtinggi, Bupati Sergai, Batubara, Ir Bintatar Hutabarat, anggota DPRD serta para tokoh umat Kristiani. Puncak perayaan itu dihibur artis Jakarta Peniel Simanjuntak. (Harian analisa)