Saturday 8 October 2011

Saturday, October 08, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Terkait GKI Yasmin, Kaukus Pancasila Surati Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
JAKARTA - Berlarut-larutnya penanganan kasus Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yasmin, Bogor memaksa Kaukus Pancasila menyurati Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Kaukus Pancasila yang terdiri dari 32 politisi gabungan dari Anggota DPR dan DPD RI meminta SBY untuk menindaklanjuti kasus GKI Yasmin yang dinilai menciderai upaya MPR untuk mensosialisasikan empat pilar berkebangsaan dalam kehidupan bernegara.

"Kaukus Pancasila sudah mengirim surat kepada Presiden SBY untuk meminta perlindungan agar jemaah GKI Yasmin Bogor dapat beribadah dengan bebas dan tenang. Para politisi memutuskan menyurat Presiden karena kasus berlarut-larut dengan bentuk kekerasan cenderung memburuk," ujar salah satu Koordinator Kaukus Pancasila, Eva Kusuma Sundari, Sabtu (08/10/2011).

Eva menjelaskan, masyarakat internasional seperti Kongres Amerika Serikat, Paus Benediktus XVI dan Amnesty Internasional sudah mempertanyakan hal tersebut secara resmi.

"Surat ke presiden tersebut juga ditembuskan ke Kapolri, Menkopolkam, Menhukham, dan Mendagri dengan harapan mendapat penanganan secepatnya," jelasnya.

Sebelumnya, pada Jumat (07/10/2011), 32 anggota DPR dan DPD RI yang tergabung di Kaukus Pancasila mengirimkan surat teguran tersebut kepada SBY.

"Para wakil rakyat mengecam sikap pembangkangan hukum Walikota Bogor atas Putusan MA yang menguatkan hak GKI Yasmin atas IMB gereja GKI. Tindakan walikota, Diani Budiarto dianggap melecehkan upaya MPR yang tengah gencar mensosialisasikan 4 pilar berkebangsaan dalam kehidupan bernegara," tandasnya. (Pelita Online)