Friday 11 November 2011

Friday, November 11, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Tokoh Lintas Agama di Jombang Beri Gelar Pahlawan Pluralisme kepada Gus Dur. JOMBANG (JATIM) - Ketua Badan Kerjasama gereja-Gereja (BKG) Jombang Pendeta Edi Kusmayadi bersama puluhan tokoh lintas agama memberikan gelar Pahlawan Pluralisme kepada Abdulrahman Wahid atau sering dikenal sebagai Gus Dur.

Dikatakan, penetapan ini sebagai bentuk protes atas keputusan pemerintah terkait penolakan gelar pahlawan untuk Gus Dur.

"Kami menyayangkan kalau Gus Dur tidak jadi dinobatkan sebagai pahlawan nasional karena dengan adanya Gus Dur menjadi presiden RI yang sekaligus hanya 2 tahun itu membawa pengaruh yang luar biasa.

Pendeta Edi Kusmayadi menambahkan, Gus Dur layak menjadi pahlawan karena memiliki jasa yang sangat besar terhadap negara. Seperti memberi ruang gerak sejumlah kelompok minoritas yang sebelumnya sangat dibatasi.

"Statemennya Gus Dur tadi yang saya katakan bahwa biarlah negara kita ini seperti taman yang beraneka macam bunga, tidak hanya satu macam bunga, itulah yang terkesan" ujarnya.

Puluhan tokoh lintas agama dan sejumlah elemen masyarakat se Kabupaten Jombang yang tergabung dalam Komunitas lintas iman Kabupaten Jombang, hadir dalam pemberian menobatkan almarhum KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) menjadi pahlawan dengan gelar Pahlawan Pluralisme. Hal ini dilakukan pasca gagalnya penganugerah pahlawan Nasional yang diusulkan bagi almarhum Gus Dur. (KBR68H)