Saturday 10 December 2011

Saturday, December 10, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Mohon Doa! Lima Gereja di Wonogiri Terancam Dibongkar oleh Ormas Intoleran.
WONOGIRI (JATENG) - Lima Gereja di Wonogiri, Jawa Tengah, terancam dirobohkan oleh Ormas intoleran melalui Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) daerah tersebut.

Gereja-gereja itu antara lain, Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Ngalu Wetan, Gereja Segala Bangsa (Gesba) Gebangharjo, Gereja Kristen Jawa (GKJ) Godang, Gereja Bethel Tabernakel (GBT) Gebangharjo, Gereja Kristen Nazarene (GKN) Lebak, yang semuanya terletak di Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri.

Seperti diberitahukan Pdt. Karel Sipolta, Gembala Sidang Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) di Desa Ngulu Wetan, Rt 01/09, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah pada Sabtu (03/12/2011). Ormas intoleran yang bertopeng agama ini telah mendesak Kesbangpollinmas Kecamatan Pracimantoro untuk merobohkan 5 buah gereja yang belum mempunyai izin IMB .

Kelompok intoleran ini dipimpin seorang ustaz yang adalah juga Kepala KUA Kecamatan Pracimantoro

Dua hari lalu sebelumnya, Kamis (01/12/2011) perwakilan dari gereja-gereja telah diundang rapat oleh sang ustaz dikantor Kecamatan untuk mendengarkan tuntutan sepihak dari kelompok intoleran tersebut.

Sedangkan kelima gereja yang diganggu tersebut telah mendapat Surat Izin Operasionil yang dikeluarkan oleh Kantor Kementerian Agama Propinsi Jawa Tengah di Semarang .

Selain itu kelima gereja ini juga telah mengajukan permohonan izin IMB pembangunan gereja namun hingga kini tetap dihambat dengan alasan masih sedang diproses oleh pihak Pemda setempat. (Tim PPGI)