Saturday 24 December 2011

Saturday, December 24, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Paroki Tritunggal Mahakudus Tuka Meriahkan Ibadah Natal dengan Gamelan Tradisional.
BADUNG (BALI) - Gereja Paroki Tritunggal Mahakudus Tuka, Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali, memiliki sebuah perangkat gamalen tradisional Bali guna menyambut perayaan Natal.

Perangkat gamelan seperti yang umumnya diwarisi setiap desa adat di Bali itu dimanfaatkan untuk mengiringi kegiatan ritual di gereja, kata Ketua Dewan Gereja Paroki Tritunggal Mahakudus Tuka, Ketut Jack Mudastra di Tuka, 15 km barat daya Denpasar, Sabtu (24/12/2011).

Ia mengatakan, alat musik tradisional Bali itu dimanfaatkan untuk mengiringi lagu-lagu latin, lagu dalam bahasa Indonesia maupun lagu dalam bahasa daerah Bali.

Alat musik dengan berbagai instrumen itu biasa digunakan untuk melengkapi kegiatan ritual gereja, termasuk misa suci perayaan.

Kreasi dan inovasi yang melibatkan anak-anak muda gereja itu tidak lepas dari pakem dan kaidah dalam kesenian Bali.

Ketut Jack Mudastra menambahkan, Tuka merupakan desa pertama di Bali yang penduduknya memeluk agama Kristen, yakni sejak tahun 1937, atau 75 tahun yang silam juga pernah menggelar pentas musik liturgi dan rohani di gedung serba guna Paroki Tuka pertengahan November 2011.

Kegiatan tersebut, dikatakannya, untuk meningkatkan kesadaran generasi muda akan perbedaan musik liturgi dan rohani sehingga pemilihan lagu-lagu di gereja semakin terarah dan selektif.

Selain itu, ia mengemukakan, meningkatkan pengetahuan dan minat umat Kristen, khususnya kaum muda terhadap liturgi serta meningkatkan minat terhadap lagu-lagu klasik,

Kegiatan pentas musik itu diharapkan dapat dilakukan secara berkesinambungan, disamping memberikan hiburan kepada masyarakat setempat, ujar Ketut Jack Mudastra. (Antara)