Saturday 7 January 2012

Saturday, January 07, 2012
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Berkeluarga, Pembantu Uskup Los Angeles, Gabino Zavala Undurkan Diri. LOS ANGELES (AS) - Pembantu Uskup Gereja Katolik Roma di Los Angeles, California Amerika Serikat menyatakan pengunduran diri dari Keuskupan setelah mengakui bahwa ia telah berkeluarga, termasuk dua anak remaja yang tinggal di negara bagian lain.

Vatikan pada hari Rabu (04/01/2012) mengumumkan bahwa Paus Benedictus telah menyetujui pengunduran diri Gabino Zavala, yang tadinya mengabdi di Keuskupan Los Angeles, dengan mempertimbangkan Kanon Gereja Katolik 401 pasal 2.

Sedang pada Kanon 573, seluruh pelayan gereja diwajibkan untuk hidup membujang (selibat) sebagai bentuk penyerahan hidup yang tulus kepada Tuhan.

Atasan Zavala – Uskup Agung Jose Gomez dalam sepucuk surat kepada para jemaat hari Rabu mengatakan Zavala telah mengungkapkan rahasianya awal Desember 2011 lalu. Uskup Agung Jose Gomez mengatakan sejak saat itu Zavala mengundurkan diri dari gerejanya.

Jose Gomez juga mengatakan keuskupan Los Angeles telah menawarkan bantuan spiritual dan keuangan untuk keluarga Zavala. Ia tidak mengungkapkan nama mereka, dengan mengatakan ingin melindungi privasi mereka. (TimPPGI)