Wednesday 14 March 2012

Wednesday, March 14, 2012
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Gempa 6.8 SR Guncang Timur Laut Jepang, Tsunami Setinggi 50 Sentimeter.
TOKYO (JEPANG) - Sebuah gempa berskala 6.8 richter mengguncang perairan timur laut Jepang yang diawali pada pukul 06:09 sore hingga malam hari ini.

Badan meteorologi menyatakan terjadi gelombang tsunami setinggi 50 sentimeter yang menghantam beberapa wilayah di utara pulau Honsu dan timur pulau Hokkaido, terutama pada prefektur Iwate and prefektur Aomori.

 Seperti diberitakan NHK World, Gempa yang berpusat di perairan Aomori pada Rabu (14/03/2012) ini terjadi pada kedalaman 10 kilometer, sedangkan hingga kabar ini dipublikasikan, gempa yang dirasakan hingga di Tokyo ini belum mendapatkan laporan kerusakan maupun korban jiwa, sebab status wilayah-wilayah tersebut masih waspada.

Namun, guna menghindari hal-hal yang tidak diprediksi, beberapa kota di wilayah-wilayah rawan tsunami, diimbau oleh pemerintah kotanya untuk mengungsi ke tempat yang aman.

 Sedangkan menurut badan pemantau tsunami Pasifik di Hawai, Gempa ini tidak menjadi ancaman tsunami untuk samudera pasifik. (TimPPGI)