Saturday 28 April 2012

Saturday, April 28, 2012
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Film “Soegija” libatkan lebih dari 2.000 pemain. JAKARTA - Sutradara Garin Nugroho melibatkan 2.275 pemain untuk berlakon dalam film barunya, “Soegija”, yang berkisah tentang pahlawan nasional Mgr Albertus Soegijapranata SJ.

Pada acara diskusi tentang film tersebut di Jakarta, Kamis, Garin mengatakan sebagian pemeran dalam film bertema kemanusiaan dengan latar jaman perang kemerdekaan (1940-1949) itu adalah pemain pendatang baru.

Tokoh Soegijapranata akan diperankan oleh Nirwan Dewanto. Nama-nama seperti Annisa Hertami, Andrea Reva, Olga Lydia, Butet Kertarajasa, dan sejumlah pemain film asal Belanda dan Jepang juga terlibat dalam film tersebut.

Menurut Garin, film yang menghabiskan biaya hingga Rp 12 miliar itu berbeda dengan beberapa filmnya yang lain seperti “Opera Jawa” dan “Puisi Tak Terkuburkan” yang memang diperuntukkan untuk pasar Eropa dan festival film di sana.

Garin juga menyebut akting para pemain yang sangat berkarakter seperti film buatan Holywood, tapi tetap menonjolkan sisi Indonesia terutama dalam musiknya.

“Ketika saya akan membuat film ini semua orang berpikir filmnya akan sulit dimengerti, tetapi setelah mereka melihat proses pembuatan filmnya hal itu tidak terbukti,” kata Garin, seperti dilansir ANTARA.

Ia juga mengatakan bahwa meski berkisah tentang tokoh Katolik namun film itu bisa dinikmati semua kalangan masyarakat karena lebih menonjolkan sisi kemanusiaan.

Film “Soegija” akan mulai diputar pada 7 Juni mendatang di seluruh bioskop 21 tanah air. (Ucanews-Indonesia)