Saturday 28 April 2012

Saturday, April 28, 2012
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) Wilayah Jakarta Suarakan 'Gereja Melawan Korupsi'.
JAKARTA – Sekitar 50 orang yang tergabung dalam Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) wilayah Jakarta beraksi di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Sabtu (21/04/2012). Di pinggir jalan tersebut secara bergantian beberapa perwakilan melakukan orasi, menyuarakan jargon 'Gereja Melawan Korupsi'.

“Kami ingin menyuarakan bahwa gereja juga ikut serta dalam upaya pemberantasan korupsi,” kata  Pendeta Manuel Raintung, Sekretaris Jenderal PGI wilayah Jakarta.

Pukul 08.00 WIB, aksi dimulai dengan berkumpul dan jalan bersama dari area parkir pusat perbelanjaan Sarinah, M.H. Thamrin, Jakarta Selatan, hingga Bundaran HI. Beberapa perwakilan dari PGI, gereja-gereja, Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), dan komisi pemuda berorasi di pinggir jalan dengan menggunakan mikrofon lengkap dengan pengeras suara  yang mendukung kejelasan suara para orator.

Aksi ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Paskah, hari kebangkitan Kristus. Mereka menyuarakan bahwa tindak korupsi melawan pengorbanan Kristus di kayu salib dan mmengingatkan, bahwa  para pemimpin adalah pelayan yang melayani masyarakat bukan menyengsarakan rakyat.

Selain itu bertepatan dengan peringatan hari Kartini sehingga terlihat juga banyak wanita yang berpartisipasi,  yang sebagian besar tergabung dalam Komisi Wanita PGI. Mereka mengajak para warga masyarakat Indonesia, khususnya wanita, melawan korupsi  dan menghormati perjuangan R.A. Kartini semasa hidupnya.

Para peserta aksi membawa berbagai macam spanduk yang bertemakan perlawanan terhadap korupsi yang dibentangkan di bagian barat jalan Bundaran HI. Juga terlihat beberapa polisi yang mengamankan aksi dan lalu lintas yang berakhir pada pukul 09.00 WIB. (PDS)