Wednesday 13 June 2012

Wednesday, June 13, 2012
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Hanung Bramantyo Buat Film Nikah Beda Agama di Gedung Gereja Paroki Santa Maria Assumpta Gamping. YOGYAKARTA - Sutradara terkenal Hanung Bramantyo kali ini buat gebrakan baru. Setelah menuai pro dan kontra melalui film berjudul Tanda Tanya dengan kisahnya yang menyajikan keberagaman umat beragama di Indonesia kini ia membuat film senada. Kali ini suami dari Zaskia Adya Mecca ini sedang meracik kisah visual yang juga menampilkan pluralisme beragama melalui pernikahan beda agama.

Eko Nugroho, seorang mudika (muda-mudi Katolik) dari Lingkungan Santo Thomas Aquinas Paroki Gamping mengatakan saat ini masih berlangsung syuting film tersebut di Gereja Katolik Maria Asumpta Gamping, Rabu (13/06/2012), sekitar pukul 11.15 WIB.

"Benar mas sekarang masih berlangsung syuting film dari pagi tadi. Sutradaranya mas Hanung Bramantyo, dengar kabar itu film komersil bukan film dokumenter," ujarnya ketika dihubungi Tribun Manado. Menurut Eko pemeran utama film tersebut Choky Sitohang dan ada pula pemeran lain yang sebelumnya ikut dalam syuting film Soegija karya Garin Nugroho.

Ia menambahkan dalam syuting tersebut banyak umat Katolik di Paroki Gamping yang dilibatkan. Beberapa Mudika Paroki Gamping juga ikut terlibat baik dalam proses persiapan syuting film. "Sayangnya saya tak ikut sampai selesai tadi malam, teman-teman mudika ikut bantu dekorasi. Settingnya persis sama seperti pernikahan di gereja," jelasnya.

Hal senada disampaikan oleh Aryaduta Ketua Mudika Paroki Gamping. Ia membenarkan syuting film saat ini masih berlangsung dari pagi hingga sore. Filmnya yang mengangkat perkawinan Katolik non Jawa ini menurut Duta merupakan film komersil, mengangkat kisah perkawinan beda agama yang dikemas dalam kisah cinta romantis.

"Kami dimintai tolong untuk menyiapkan umat dalam syuting film tersebut, ada sekitar 30 umat yang dilibatkan. Saat ini masih berlangsung. Mereka membawa kru dari Jakarta dan membuat dekorasi yang menarik di gereja kami," imbuhnya. Menurut Duta syuting di gereja dilakukan dalam dua kali pengambilan gambar. Setting film seperti halnya pernikahan di gereja dengan dekorasi bunga dan dua kursi mempelai menghadap ke altar.

Meski Duta belum sempat nonton film judul 'Tanda Tanya' karya Hanung sebelumnya, namun ia optimistis film ini juga menarik seperti film tersebut. Bintang lain yang berperan dalam film ini adalah Agni Pratista mantan Putri Indonesia 2006. Duta senang umat Paroki Gamping dilibatkan dalam film ini, paling tidak Gereja Maria Asumpta Gamping makin dikenal di pelosok tanah air. (Tribunnews)