Monday 23 July 2012

Monday, July 23, 2012
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Syukuran 50 Tahun Imamat dan Tahbisan Imamat di Paroki Nias Barat.
LAHOMI (SUMUT) - Ribuan umat Katolik dan berbagai denominasi gereja memadati gereja Katolik Paroki Salib Suci, Mandrehe, Nias Barat, Rabu (18/07/2012). Mereka berbondong-bondong menyaksikan kebaktian dan pesta syukur perayaan emas 50 tahun imamat pastor kepala Paroki Mathias Kuppens Ordo Sanctae Crucis (OSC) serta Tahbisan Imamat dua pastor yang baru, yakni Pastor Postinus Gulo OSC dan Pastor Felix Halawa OSC.

Hadir di tempat antara lain Uskup Sibolga Mgr Ludovicus Simanulang OFM. Cap, Pembina Yayasan Parahyangan Bandung, Dr Antonius Subianto B OSC, sekitar 60 pastor dan puluhan father serta suster Provinsial Ordo Salib Suci dan Keuskupan Sibolga, termasuk pemimpin dedominasi gereja lainnya antara lain Ephorus ONKP (Orahua Niha Keriso Protestan) Pdt Gatieli Gulo dan sejumlah keluarga Pastor Mathias Kuppens dari Belanda.

Selain itu hadir juga Bupati Nias Barat Adrianus Aroziduhu Gulö, Wakil Ketua DPRD Nias Barat Khenoki Waruwu dan undangan kehormatan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Sumatera Utara (Sumut) Parlindungan Purba SH MM. Kegiatan yang digelar itu mengambil thema "Berbicaralah Tuhan, hamba-Mu mendengarkan" (1 Samuel 3:10).

Dalam pidatonya Uskup Sibolga Mgr Ludovicus Simanulang OFM.Cap mengucapkan terima kasih kepada Pastor Mathias Kuppens atas keteguhan misionaris asal Belanda tersebut melayani selama 50 tahun di Indonesia meliputi 23 tahun di Nias Barat dan sebelumnya ditempatkan di Bandung.

Ia berpesan kepada umat Katolik untuk tetap meningkatkan pendidikan agama di keluarga agar muncul imam-imam baru guna melayani kehidupan umat.

Bangga
Anggota DPD RI Parlindungan Purba SH MM dalam sambutannya mengaku bangga serta memuji kehidupan pastoral karena memiliki tiga hal kelebihan yang tidak dimiliki manusia umumnya. Ketiga hal itu adalah hidup suci, sederhana serta dapat menerima pengampunan dosa.

Ia berharap kiranya pastor Mathias Kuppens Osc agar selalu diberkati oleh Tuhan dalam kehidupan dan menjalankan imamatnya di masa mendatang. "Tidak banyak yang saya katakan kepada pastor Mathias mengingat umur saya saja belum melampaui pada pelayanan pastor yang sudah mencapai 50 tahun. Saya hanya bisa mengatakan, hormat dan salut,"ujar Ketua Forum Masyarakat Katolik Indonesia (FMKI) Sumut ini disambut tepuk tangan ribuan hadirin.

Parlindungan Purba mengucapkan selamat pada Pastor Postinus Gulo OSC dan Pastor Felix Halawa OSC yang baru mengingat memerlukan gembala-gembala yang menuntun kehidupan para umat katolik pada khususnya serta anak bangsa pada umumnya. Apalagi di tengah maraknya korupsi di Indonesia saat ini, termasuk bahaya narkoba terutama kalangan muda. (HarianAnalisa)