Wednesday 1 August 2012

Wednesday, August 01, 2012
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Bukti Toleransi! Pemimpin Gereja Hadiri Acara Buka Puasa di Bumi Beringin.
MANADO (SULUT)  – Hal menarik terjadi saat jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, menggelar acara silahturahmi dan buka puasa bersama dengan unsur Forkopimda, BKSAUA, FKUB dan masyarakat di kediaman Gubernur Sulut, Bumi Beringin Manado, Jumat (27/07/2012). yakni acara buka puasa tersebut turut juga dihadiri umat Kristen dan para memimpin gerejanya yang sama-sama membaur.

Kakanwil Kemenag Sulut Drs. H Sya’ban  Mauluddin dalam ceramah hikmah buka puasa,  mengajak umat muslim di daerah ini, kiranya selama berpuasa janganlah menunjukan muka mu bermuram lesu, melainkan harus nampak keceriaannya, karena  bulan suci ramadhan merupakan bulan pengampunan dan bulan yang penuh berkah.

Sementara itu Gubernur Sulut Dr. Sinyo Harry Sarundajang dalam sambutannya  menyebutkan, kehadiran kita di acara buka puasa bersama di bulan suci ramadhan, bukan karena kehendak dari diri kita sendiri, melainkan oleh karena Allah.

Karena yang hadir dalam  acara ini tidak hanya dari golongan umat muslim sendiri melainkan  juga dari umat beragama non muslim turut pula hadir, seperti Ketua Umum Gereja Injili di Indonesia (GIdI), Pdt. Lipiyus Biniluk dan Uskup Manado Mgr. Yosef Suwatan, MSc.

“Kehadiran umat beragama non muslim dalam acara buka puasa seperti ini, menunjukan bahwa sesama umat beragama daerah ini, sangat  menjunjung tinggi kemajemukan  yang ada. Dan ini kiranya patut dipertahankan, untuk menjadikan Sulut sebagai laboratorium antar umat beragama di Indonesia,” ujarnya.

Sarundajang juga menjelaskan secara singkat, penganugerahan gelar kehormatan Doktor Honoris Causa (DRHC) yang diterimahnya dari Universitas Islam Negeri Ibrhahim Maulana Malik Malang, pekan lalu, itu merupakan bentuk pengakuan yang tulus kepada pemimpin di daerah ini. Apa yang saya terima itu merupakan Keberhasilan dari kita semua sesama anak bangsa di Bumi Nyiur Melambai, katanya. (BeritaManado)