Friday 28 September 2012

Friday, September 28, 2012
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Memalukan! 600 Lebih Anak-anak di Gereja Katolik Melbourne Dilecehkan Pastur. MELBOURNE (AUSTRALIA) - Lebih dari 600 anak-anak mengalami pelecehan seksual oleh pastor di Gereja Katolik, negara bagian Victoria, Australia.

Gereja Katolik Roma di Victoria itu mengkonfirmasi tindakan pelecehan seksual itu dilakukan sejak tahun 1930an.

Uskup besar Melbourne, Denis Hart, menggambarkan banyaknya jumlah korban pelecehan seksual itu sangat "mengerikan dan memalukan".

Mereka menyampaikan data ini sebagai bentuk kepatuhan kepada parlemen negara bagian meminta penyelidikan kasus kekerasan seksual tersebut.

Para juru kampanye mengatakan jumlah korban sebenarnya diperkirakan lebih banyak hingga lebih dari 10.000.

Dalam data Gereja, 620 kasus mulai terjadi pada 80 tahun yang lalu dengan sebagian besar kasus terjadi pada 1960 an dan 1980 an.

Gereja juga menyatakan tengah menyelidiki 45 kasus lainnya.

Dalam pernyataannya, Uskup besar Hart mengatakan kasus itu penting untuk dibuka "mengenai pelecehan yang mengerikan yang terjadi di Victoria dan tempat lainnya".

"Kami melihat penyelidikan ini mengarah ke pemulihan bagi mereka yang mengalami kekerasan, untuk menguji respon gereja secara luas, terutama selama 16 tahun, dan untuk membuat rekomendasi untuk meningkatkan perhatian kepada para korban dan mencegah tindakan serupa," kata pernyataan itu.

Kelompok kampanye mengatakan bahwa banyak kasus kekerasan seksual tidak dilaporkan, dan mereka yakin jumlah korban diperkirakan hampir mencapai 10.000 hanya di Victoria.

Kekerasan terhadap anak-anak oleh pendeta di Gereja Katolik telah menjadi isu besar di Australia beberapa tahun terakhir.

Dalam kunjungannya ke Australia pada Juli 2008 lalu, Paus Benedictus XVI bertemu dengan sejumlah korban dan menyampaikan permintaan maaf secara terbuka terhadap para korban atas kekerasan yang mereka alami. (VOA)