Thursday 19 August 2010

Thursday, August 19, 2010
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Kecam Pembakaran Alquran, Gereja Sumbang 100 Quran.
JAKARTA - Sebagai upaya menentang rencana pembakaran Alquran di Florida, Amerika Serikat memperingati tragedi serangan 11 September, Persatuan Gereja Indonesia dan Konfrensi Waligereja Indonesia, menyumbangkan ratusan Alquran.

Koordinator Gerakan Peduli Pluralisme (GPP) Damian Dematra mengatakan, sumbangan Alquran ini sebagai simbolisasi perjuangan melawan hari pembakaran Alquran sedunia yang dicanangkan sebuah kelompok gereja di Gainesville, Florida, AS, beberapa waktu lalu.
“Kami dari GPP mengkoordinir acara gereja menyumbang Alquran yang diwakili oleh Pendeta Yewangoe, Ketua Umum PGI dan MGR Sitomorang, Ketua Umum Konfrensi Waligereja Indonesia, sebagai perwakilan gereja kepada Muhammadiyah,” ujar Damian di Gedung Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (13/8/2010). Dari pihak Muhammadiyah diwakilkan langsung oleh ketuanya, Din Syamsuddin.

Menurut Damian, Alquran yang disumbangkan akan diberikan kepada para narapidana Indonesia yang sedang menjalankan ibadah puasa di penjara Australia.

Untuk penyalurannya, Muhammadiyah akan bekerja sama dengan gereja-gereja di Australia. Hal ini merupakan simbolisasi bahwa Indonesia menjungjung tinggi nilai-nilai kerukunan antarumat beragama.

Dia menambahkan gerakan yang dilakukan Pastor Terry Jones yang mencanangkan hari pembakaran Alquran untuk memperingati tragedi penyerangan 11 September itu, ditentang oleh mayoritas warga Amerika Serikat.

Damian menuturkan jumlah Alquran yang diberikan sejauh ini sebanyak 100 buah, namun akan bertambah lagi. (Okezone)