Saturday 18 September 2010

Saturday, September 18, 2010
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Lomba Gerak Jalan Indah (LGJI) Amboina 2010 Siap Digelar 25 September Mendatang.
AMBON - Kegiatan Lomba Gerak Jalan Indah (LGJI) Amboina 2010 dalam rangka memeriahkan HUT kota Ambon ke 435 dan HUT Gereja Protestan Maluku (GPM) ke 75 akan digelar oleh Angkatan Muda GPM Daerah kota Ambon (Dakota), pada Sabtu (25/9) mendatang. Kegiatan yang dilaksanakan tiap tahun ini memperebutkan Piala Bergilir Walikota Ambon.
Seperti pada tahun sebelumnya, lomba yang rencananya akan di buka oleh walikota Ambon. Drs. M. J Papilaja, MS ini akan menempuh rute; Lapangan merdeka, Jln. Slamet Riyadi, Jln dr. Panjaitan, jln. Pattimura, Jln. A. Yani, Jln. A.M Sangadji-Jln Dr. Tamaela, hingga finish di Balai Kota Ambon.
Pembukaan pendaftaran peserta telah dibuka mulai tanggal 1 hingga 23 September 2010, dan nantinya pada hari terakhir pendaftaran lomba ini akan digelar akan dilakukan technical meeting dengan para peserta.
Peserta lomba ini terbagi atas lima kategori, yakni kategori anak dibawah usia 13 tahun atau setingkat SD, kategori remaja usia 13-17 tahun atau setingkat SMP, kategori dewasa putra dan putri, serta dewasa campuran dengan usia 17 tahun keatas. Biaya pendaftaran yang harus ditanggung setiap regu pada masing-masing kategori berkisar Rp 150 ribu, kecuali kategori anak yang hanya dipatok Rp 100 ribu per regu.
Billy Latubessy, selaku penanggungjawab acara perlomban kepada ambon.go.id di Balai Kota, Jumat (17/9) mengungkapkan, hingga hari ini terhitung sudah 100 regu yang mendaftar sebagai peserta. Jumlah ini, menurutnya, akan membludak hingga 300 regu pada hari-hari terakhir pendaftaran.
“Untuk sementara baru 100 regu dari 5 kategori yang mendaftar, dan berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya jumlah pendaftar akan bertambah pada hari-hari akhir masa pendaftaran. Rekor jumlah peserta terbanyak pernah tercatat hingga 700 regu lebih, pada saat lomba ini dilakukan sebagai ajang rekonsiliasi pasca konflik kemanusiaan yang melanda wilayah ini,” jelasnya.
Latubessy mengakui, lazimnya kegiatan ini dilakukan sebelum tanggal 6 September, namun waktu pelaksanaan di tahun ini ditunda sebagai bentuk toleransi kepada umat Muslim kota Ambon yang sedang melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Selain itu, para pengurus Angkatan Muda GPM Dakota, juga disibukan dengan agenda gerejawi lainnya.
“Kita menghormati saudara kita yang sedang menjalankan ibadah puasa, karena mereka juga berpartisipasi dalam kegiatan ini. Pada pelaksaan LGJI tahun 2009 lalu, ada regu yang anggotanya beragama muslim dari kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), dan tahun ini mereka juga menyatakan kesediaannya untuk mengikuti lomba ini. Kami juga telah mendengar ada regu dari berbagai daerah lain yaitu dari papua yang ingin menjadi peserta,” bebernya.
LGJI Amboina sendiri merupakan salah satu kegiatan tahunan yang selalu dinanti masyarakat kota Ambon dengan antusias. Kegiatan ini, tutur Talabessy telah diselenggarakan sejak tahun 1980-an. Pihak penyelenggara sendiri pada tahun 2008 telah berinisiatif untuk memasukan kegiatan ini dalam catatan Rekor Museum rekor Indonesia (MURI) namun rencana ini belum terwujud karena harus memiliki kriteria keunikan khusus yang tidak dimiliki kegiatan serupa di tempat lain.
Talabessy berharap nantinya kegiatan ini mendapat dukungan dari segenap warga kota Ambon terutama pihak sponsor untuk ikut menyukseskan kegiatan tahunan ini.
“Kami berharap dukungan dari semua pihak, utamanya dari pihak sponsor yang mau membantu dalam penyelenggaran kegiatan ini agar dapat berlangsung meriah dan sukses sebegaimana yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya,” pungkasnya.

Sumber:http://ambon.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=237:lgji-amboina-2010-siap-digelar-25-september-mendatang&catid=1:latestnews