Monday 13 September 2010

Monday, September 13, 2010
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Pesta Pra Jubileum dan Launching Program Perayaan Jubileum 150 Tahun HKBP Berlangsung Meriah di Distrik VI Dairi.
DAIRI (SUMUT) - Jubileum 150 tahun HKBP memang masih tahun depan dirayakan tetapi gaungnya mulai terasa melalui beragam program dan kegiatan di HKBP Distrik VI Dairi.

Hal ini terlihat jelas ketika kegiatan yang diberi nama Pesta Pra Jubileum dan Launching Program Perayaan Jubileum 150 Tahun HKBP dihadiri oleh ribuan jemaat yang datang dari 30 Ressort dalam wilayah pelayanan Distrik VI Dairi. Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Ramlan Hutahaean, M.Th, memimpin pesta yang dilaksanakan pada hari Minggu, (05/09) di halaman Gereja HKBP Ressort Sidikalang I.

Dalam uraian khotbah, yang tertulis di Kisah Para Rasul 10 : 28 – 34, Pdt. Ramlan Hutahaean, M.Th menjelaskan bahwa pada dasarnya tidak baik kalau manusia itu hidup hanya seorang diri saja. Interaksi sosial yang merupakan hakikat dasar kehidupan manusia sebagai makhluk sosial tetap harus dipelihara dengan baik. Dalam berinteraksi dengan sesama ada beberapa hal yang sering menjadi penghalang seperti status ekonomi dan status sosial. Kedua perbedaan ini sering dijadikan sebagai alasan untuk membenarkan terbentuknya kelompok-kelompok masyarakat.

Sementara, teladan yang Tuhan berikan bahwa semua manusia dimata Tuhan adalah sama. Tidak ada yang berbeda karena sebenarnya masing-masing kita memiliki apa yang dinamakan kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu dalam bagian akhir khotbahnya, Pdt. Ramlan Hutahaean, M.Th mengajak seluruh warga jemaat yang hadir untuk terus membina persekutuan yang dimulai dari masing-masing anggota keluarga.

Setelah ibadah usai, pesta dilanjutkan dengan Launching Program untuk menyukseskan Jubileum 150 Tahun HKBP. Pemukulan gong oleh Sekretaris Jenderal HKBP menandai seluruh program mulai dilaksanakan. Berbagai program yang direncanakan antara lain: pembentukan CUM sebagai upaya untuk mendukung perekonomian yang berbasis jemaat; PAUD Plus yang diberi nama “Eulogia” sebagai bentuk perhatian untuk mempersiapkan generasi penerus di dunia pendidikan; Renovasi Kantor Distrik dan penghijauan.

Ketua umum panitia, Delphi Masdiana Ujung, SH, MSi yang merupakan Ketua DPRD Kabupaten Dairi dalam sambutannya menjelaskan bahwa seluruh program yang sudah direncanakan oleh panitia tidak akan pernah berjalan dengan baik tanpa adanya kerja sama dari seluruh warga jemaat HKBP di Distrik VI Dairi.

Turut hadir dalam pesta tersebut, Panitia Jubileum 150 Tahun HKBP wilayah II, Rapotan Tambunan, mewakili Bupati Dairi, Guntur Simarmata, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Dairi, Benpa Hisar Nababan, dan beberapa tokoh senior dari jemaat HKBP yang ada di Distrik VI Dairi.

Kegiatan yang berakhir pada pukul 15.00 ini dipandu oleh pembawa acara Choky Siburian dan Gloria Aritonang. Ryo Simanjuntak, seorang penyanyi cilik jebolan kontes menyanyi Idola Cilik, turut ambil bagian melalui sumbangan berupa sepuluh buah CD dari album yang baru dirilis. Sepuluh CD tersebut berhasil mengumpulkan dana sebanyak Rp.2.300.000,- langsung diserahkan kepada panitia untuk menyukseskan program yang direncanakan panitia. Sampai kegiatan berakhir, panitia menghitung dana yang terkumpul pada kegiatan tersebut sebanyak Rp. 32.000.000,-.

Sekretaris Jenderal HKBP dalam bimbingan pastoralnya menyampaikan rasa bangganya karena Distrik VI Dairi sebagai distrik yang pertama di wilayah II mengadakan kegiatan seperti ini untuk menyukseskan Jubileum 150 Tahun HKBP. Lebih lanjut, Pdt. Ramlan Hutahaean, M.Th mengatakan apresiasi terhadap kerja keras panitia bersama seluruh warga jemaat karena kerinduan mereka untuk mensyukuri berkat Tuhan selama ini kepada HKBP. (HKBP)