Friday 1 October 2010

Friday, October 01, 2010
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca 40.000 Umat Katholik Akan Hadiri Peresmian Katedral di Timika.
TIMIKA - Diperkirakan 40.000 umat katolik akan menghadiri perayaan misa konsekrasi peresmian Gereja Katedral di Timika, Papua, Kamis (7/10) mendatang. Uskup Timika, Mgr. Philipus Saklil Pr mengatakan, peresmian Katedral Tiga Raja di Timika akan dipimpin Duta Besar Gereja Katolik Untuk Indonesia, Mgr. Leopold Girelli. ”Jumlahnya bisa bertambah diatas 40 ribu, karena keuskupan ini terdiri dari beberapa kabupaten, Paniai, Dogiyai, Deiyai, Intan Jaya dan Puncak Jaya,” terang Uskup Saklil, Sabtu.

Selain undangan, sejumlah pejabat penting akan menghadiri peresmian Katedral Tiga Raja. Antara lain, Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat untuk Indonesia, Scott Marciel, yang dijadwalkan akan tiba pada Rabu (6/10) di Timika.

Dubes Scott Marciel akan dijemput dengan tarian setibanya nanti di bandara Mozes Kilangin Timika. ”Ini mau menggambarkan bahwa Timika sebenarnya tidak kacau, tidak benar. Selama ini kita hidup aman-aman saja,” jelas uskup.

Dalam rangka persiapan tersebut, pagi tadi sekelompok warga asal pegunungan mulai membersihkan areal peresmian dan mengumpulkan batu untuk acara ’Bakar Batu’, upacara tradisional untuk warga Papua di wilayah Pegunungan

Sumber: tabloid Jubi