Friday 29 October 2010

Friday, October 29, 2010
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca BNPB Sumbar: Korban Meninggal 408 Orang, Hilang 303 Orang dan 270 Luka.
PADANG (SUMBAR) - Korban meninggal dunia akibat gempa dan tsunami di Kepulauan Mentawai Sumatera Barat hingga Jumat siang ini (29/10/2010) mencapai 408 orang. Selain itu, data di Pusat Kendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah Sumatera Barat, korban yang masih hilang mencapai 303 orang, dengan jumlah korban luka berat 270 orang.

Korban meninggal terbanyak tercatat di Dusun Muntei dan Dusun Sabeugunggung Desa Betumonga Kecamatan Pagai Utara, masing-masing sebanyak 98 orang. Di Dusun Sabeugunggung juga tercatat jumlah korban yang masih hilang paling banyak, yakni 162 orang.

Bantuan untuk korban gempa dan tsunami di Kepulauan Mentawai hingga hari Jumat (29/10) masih terus mengalir. Namun distribusi bantuan ke lokasi bencana masih mengalami kesulitan. Bantuan yang datang dari Padang didistribusikan seluruhnya ke Kecamatan Sikakap yang terletak di Pulau Pagai Utara. Dari Sikakap, bantuan didistribusikan ke seluruh lokasi bencana menggunakan transportasi laut berupa perahu-perahu kecil, seukuran sampan.

Namun cuaca buruk sejak tadi pagi menghalangi distribusi bantuan ke lokasi-lokasi yang sulit dijangkau. Perahu tak berani melaut karena ancaman badai dan cuaca buruk. Pemerintah daerah setempat membutuhkan bantuan transporasi udara berupa helikopter yang bisa mendrop bantuan tepat di lokasi bencana.

Akan tetapi hingga Jumat siang, baru satu helikopter yang sudah mendarat dan membawa bantuan. Sebelumnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono yang berkunjung ke lokasi bencana juga menggunakan helikopter, namun tak banyak bantuan logistik yang bisa dibawa.

Sumber: Kompas