Monday 29 November 2010

Monday, November 29, 2010
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca 18.250 Orang Kunjungi Pengobatan Gratis Rayakan Pra Jubelium 150 Tahun HKBP.
KISARAN (SUMUT) - Kegiatan Pra Jubileum 150 Tahun HKBP berupa pengobatan gratis yang digelar selama dua hari di Lapangan H Adam Malik Pematang Siantar dikunjungi 18.250 orang dari bermacam suku, agama dan ras.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Wilayah II Jubileum 150 Tahun HKBP Dr RE Nainggolan ketika melantik Panitia Lokal Distrik XIII Aslab di gereja HKBP Kota Kisaran, Minggu (28/11). Menurut Dr RE Nainggolan, keberhasilan Panitia Wilayah II menyelenggarakan kegiatan tersebut karena persatuan dan kesatuan panitia dalam melaksanakan tugas.

Dari 296 pasien yang di-papsmer diperoleh data 26 pasien ibu positif mengidap kanker dan panitia akan berkonsultasi ke RSU Kanker di Jakarta dalam penanganan penyakit tersebut. “Biaya pengobatan ke-26 pasien di Jakarta akan ditanggung panitia,” ujar Dr RE Nainggolan sembari menyebutkan hal yang sama juga akan diberikan panitia kepada 5 penyandang cacat untuk berobat ke Solo.

Selain itu sebanyak 10.000 kaca mata baca telah dibagikan secara cuma-cuma. “Bagi umat kristiani yang belum memperoleh maka akan disalurkan melalui gereja/pendetanya sedangkan bagi umat non kristiani akan disalurkan melalui camat/lurah,” ujar RE Nainggolan sembari menambahkan bahwa posko juga menyediakan tempat pangkas dan telah melayani 369 orang.

Sedangkan pemeriksaan BKKBN dilakukan kepada 474 pasien, penyandang cacat 210 pasien, pemeriksaan gula darah 668 pasien dan pemeriksaan golongan darah 593 pasien.

Sementara pada bagian operasi tercatat sebanyak 89 pasien katarak (35 pasien sudah dioperasi), 129 pasien Hernia (28 orang belum dioperasi) dan 73 pasien bibir sumbing (21 sudah dioperasi).

“Apabila kondisi telah memungkinkan maka panitia akan melakukan operasi bagi pasien yang belum dioperasi,” papar RE Nainggolan yang meminta agar Panitia Lokal Distrik XIII Asalab bekerja keras dan jangan ragu untuk mengadopsi kegiatan yang telah dilakukan oleh Panitia Wilayah II Jubileum 150 Tahun HKBP atau membuat kegiatan sosial yang lain.

Sedangkan Ketua Panitia Lokal Distrik XIII Aslab Dr Ny T Simanjuntak Br Sibarani dalam kata sambutannya meminta seluruh panitia yang telah dilantik bahu membahu melaksanakan segala kegiatan yang akan direncanakan. “HKBP adalah gereja yang diberkati maka dari itu HKBP harus bisa menjadi alat penyaluran berkat sehingga HKBP menjadi bagian yang tak terpisahkan dari bangsa,” tegasnya sembari menyatakan kesediaan RSU Namarina miliknya menjadi lokasi operasi bibir sumbing gratis di Asahan Labuhanbatu oleh Tim Medis Wilayah II Jubileum 150 Tahun HKBP.

Adapun Panitia Lokal Distrik Aslab Jubileum 150 Tahun HKBP yang dilantik yakni Ketua Umum dr Ny T Simanjuntak Br Sibarani, Wakil Ketua P Sianipar, AKP H Tambunan, Kapt E Hutasoit, Sekretaris Umum MP Silitonga SIP dengan wakilnya Calon St J Sormin MA, St S Turnip SPd, Marudut Pardede, Bendahara Umum Ny H Sihotang Br Siahaan dengan wakilnya Guntur Hutahaean SE,Ak dan Ny H Sitorus br Lumban Gaol.

Untuk membantu kelancaran kegiatan panitia maka dibentuk beberapa seksi diantara Seksi Liturgi/Ibadah dengan Kordinator Pdt L Simbolon STh, Seksi Sosial dengan Kordinator Pdt DP Silaen SPak, Seksi Pengerahan Jemaat Kordinator Pdt R Pangaribuan, Seksi Keamanan Kordinator Ipda W Siregar, Seksi Tempat/Dekorasi/Perlengkapan Kordinator Ir R Situmorang, Seksi Penerima Tamu Kordinator Ny J Sitorus br Sirait, Seksi Konsumsi Kordinator St E Silalahi, seksi Acara dan Protokol Kordinator Drs J Sitorus, seksi Kegiatan Kordinator H Sitohang BA dan seksi Dana Kordinator PDE Pasaribu SH MH.

Sedangkan Panitia Wilayah II Jubileum 150 Tahun HKBP yang turut hadir mendampingi Ketua Umum Dr RE Nainggolan adalah Wakil Ketua Umum: Rapotan Tambunan SH MH, Sekretaris Umum: Jadi Pane SPd, Ketua Seksi Penggalangan Dana: Drs Bukit Tambunan, Ketua Seksi Sarana Prasarana: Ir Alex Siahaan, Seksi Kesehatan: dr Horas Rajagukguk, dr Pangihutan Simatupang, Seksi Keamanan: Nelson Batubara, Seksi Transportasi: Tahi Bonar Simanjuntak SE, Seksi Sekretariat: Herlan Jaya Sembiring.

Sumber: Harian SIB