Monday 20 December 2010

Monday, December 20, 2010
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Pelantikan Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) Periode 2010-2013.
JAKARTA - Dua uskup yakni Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Monsinyur (Mgr) Martinus Dogma Situmorang OFM Capusin dan Mgr Yustinus Harjosusanto MSF mengukuhkan Muliawan Margadana sebagai Ketua Presidium Pusat Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) periode 2010-2013 dan Kikin Tarigan sebagai Sekretaris Jenderal ISKA serta sejumlah pengurus lainnya di Gedung KWI, Jl. Cut Meutiah 10, Jakarta Pusat, Senin (20/12).

Muliawan mengatakan pengukuhan ini sebagai wujud eksitensi ISKA sebagai salah satu organisasi masyarakat. "ISKA sudah tidak terdengar dalam 10 tahun terakhir, oleh karenanya kita lakukan konsolidasi sehingga dapat memberikan sumbangan kepada masyarakat, serta bekerja secara efisien," kata Muliawan

Muliawan menuturkan, pihaknya akan bersinergi dengan pihak-pihak terkait untuk mewujudkan langkah tersebut. ISKA kepengurusan Muliawan, mengangkat tiga isu yang dialami bangsa Indonesia yakni masalah pluralisme, wawasan kebangsaan dan lingkungan hidup. "Ini isu dunia sehingga nantinya kita bersinergi dengan pihak strategis," katanya.

Sementara itu, Dewan Pakar ISKA Prof. Dr. Adrianus Meliala melihat pengukuhan organisasi Katolik ini untuk mengkonsolidasikan diri dari semua kategorial kelompok yang mulai pecah. "Sekat-sekat organisasi Katolik sudah mulai terdesak sehingga harus mengkonsolidasikan diri," tuturnya.

Adrianus berharap agar ISKA dapat memberikan sumbangan kepada bangsa seperti saat tokoh-tokoh Katolik semisal JB. Sumarlin, mantan menteri keuangan, yang pemikirannya selalu didengar pemerintah. "Ini semacam otokritik kepada ISKA, dahulu JB. Sumarlin tidak diciptakan secara khusus oleh organisasi tetapi mampu menyumbangkan pemikirannya bagi bangsa," tukasnya.

Sebelumnya diberitakan, Presidium Pusat Ikatan Sarjana Katolik Indonesia "Sanctus Albertus Magnus" terpilih dalam Musyawarah Umum Warga (MUW) ISKA, semacam kongres, ke-X, 1 - 3 Oktober 2010 di Surabaya.

Hasil Musyawarah Umum itu memilih Muliawan Margadana sebagai Ketua Presidium Pusat dan Kikin Tarigan sebagai Sekretaris Jenderal ISKA. Keduanya menggantikan pimpinan ISKA sebelumnya, Ketua Presidium Paulus Harli dan Sekretaris Jenderal F. Sihol Siagian.

Sumber: Tribun