Thursday 16 December 2010

Thursday, December 16, 2010
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Ratusan Polisi Jaga 32 Gereja di Kota Batu.
BATU (JATIM) - Puluhan Gereja di Kota Batu, Jawa Timur, akan dijaga sekitar 300 personel aparat kepolisian, guna pengamanan Natal di kota tersebut.

Kapolres Batu AKBP Gatot Soegeng Soesanto, Kamis (16/12/2010), mengatakan, pengamanan secara rinci di setiap gereja, tergantung dari besar kecilnya gereja itu, meski demikian pihaknya akan tetap melakukan pengamanan selama 24 jam.

“Personel keamanan di tiap gereja tergantung besar dan kecilnya gereja itu. Namun untuk total 32 gereja kita kerahkan 300 personel,” ujar Gatot, menjelaskan.

Rencananya, dalam pengamanan Natal nanti, polisi juga akan bekerjasama dengan personel dari Satpol PP, Linmas, keamanan setempat hingga anggota TNI. Selain itu, Polres Batu juga akan mendidirikan pos pantau di sejumlah titik.

“Disetiap titik nantinya terdiri dari berbagai unsur keamananan, dan pola pengamanan ini tidak berbeda dengan Lebaran Idul Fitri beberapa waktu lalu,” kata Gatot.

Sementara itu, Kepala Polresta Malang AKBP Agus Salim mengatakan, aparat keamanan yang diterjunkan di setiap geraja di Kota Malang, yakni minimal 10 petugas. Sedangkan secara keseluruhan, Polresta Malang akan menyiagakan sebanyak 1.047 personel.

“Jumlah gereja di Kota Malang mulai dari skala kecil hingga besar, yakni sekitar 100 gereja, dan nantinya setiap gereja kurang lebih akan dijaga 10 petugas,” tutur Agus.