Wednesday 19 January 2011

Wednesday, January 19, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Gereja Orthodox Rusia Ajak Warga Kenakan Pakaian Nasional.
MOSKOW (RUSIA) - Sebuah gereja Ortodox di Rusia menegur warga Rusia yang menggunakan pakaian minim dan meminta untuk mengenakan pakaian nasional.

Archpriest Vsevolod Chaplin, kepala departemen sosial gereja, mencaci para wanita yang membuat jalanan menjadi ajang striptis. Dia pun mengerutkan dahinya bagi para pria yang hanya mengenakan kaus dan celana pendek di kota.

Pendeta itu pun tahun lalu mengundang kegemparan dengan mengatakan bahwa wanita lah yang patut dipersalahkan apabila mereka diperkosa karena mengenakan pakaian minim.

Komentarnya yang dikeluarkan saat debat hubungan antar etnis mengundang kelompok feminisme untuk membuat petisi untuk diberikan kepada kepala gereja, Patriarch Kirill. Demikian lansir BBC, Rabu (19/1/2011).

Petisi tersebut didukung oleh sekira 1,300 tandatangan, yang memaksa Patriarch untuk mengutuk diskriminasi dan juga mengeluarkan komentar yang menghina dengan mengatasnamakan gereja.

Organisasi keagamaan kini mulai berkembang di Rusia sejak runtuhnya kekuasaan komunis dua dekade yang lalu.

Tren konservatif di dalam gereja yang sudah lama mulai berkembang membuat kekhawatiran bahwa hak-hak wanita akan terkikis.
Sumber:Okezone