Saturday 8 January 2011

Saturday, January 08, 2011
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Moderamen Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) Canagkan Tahun Peningkatkan Theologia Ibadah.
LUBUK PAKAM (SUMUT) - Moderamen GBKP (Gereja Batak Karo Protestan) akan melakukan pencanangan tahun peningkatan theologia, spritualitas dan mutu ibadah yang akan dilaksanakan besok, Sabtu (8/1) di Retreat Centre Sukamakmur Kecamatan Sibolangit Deli Serdang, dihadiri 22 Klasis GBKP se-Indonesia dan seluruh pendeta.

Pencanangan tersebut berdasarkan keputusan Sinode 2010 yang telah menetapkan prioritas program setiap tahunnya selama 5 tahun masa pelayanan Moderamen 2010-2015. Untuk tahun 2011 telah ditetapkan sebagai Tahun Peningkatan Theologi, spiritualitas dan Mutu Ibadah, ujar Wasekum Moderamen Pt Ananta Purba, yang merupakan Ketua pelaksana kegiatan.

Menurutnya, pemantapan theologi, spiritualitas dan mutu ibadah maksudnya adalah di tahun 2011 GBKP mewujudkan apa yang dimengerti sebagai doing theology, dimana pola pikir (konsep teologi) tercermin dalam pola tindak yaitu spiritualitas dan mutu ibadah. Sedangkan pengertian ibadah adalah selain anggota jemaat harus menjadi being as a church, juga pengertian ibadah secara ritual.

Ibadah ritual GBKP haruslah bentuk pemujaan yang tidak hanya memuliakan nama Tuhan, tapi juga membantu proses pembentukan iman spiritualitas jemaat, sehingga metode untuk mencapai tujuan ini adalah pengindahan nilai personal (pribadi) yang ditekankan dalam bentuk ibadah yang berekspresi.

Untuk program pembinaan dan diakonia juga harus menyentuh wilayah personal, misalnya pastoral, perkunjungan rumah tangga, diakonia karitatif, saat teduh dan lainnya yang secara lengkap telah dituangkan dalam Garis-Garis Besar Pelayan (GBP) GBKP 2010-2015.

Dalam rangka mensosialisasikan maksud dan tujuan pelaksanaan prioritas program ini kepada seluruh stake holders GBKP maka akan dilaksanakan ibadah raya pencanangan Tahun Peningkatan Theologi, Spiritualitas dan Mutu Ibadah yang akan dilaksanakan pada Sabtu 8 Januari 2011 di RC Sukamakmur mulai pukul 09.00 WIB.

Pada acara itu juga akan diluncurkan (Lounching) buku, Pegaralah Min Apindu, yang berisi tulisan-tulisan dan penjelasan tentang makna peningkatan theologi, spiritualitas dan mutu ibadah dan hubungannya dengan kehidupan pelayan dan jemaat. Buku ini diharapkan menjadi salah satu buku bacaan wajib seluruh pelayan dan jemaat GBKP.

Selain itu, ibadah yang akan dilaksanakan telah dipersiapkan sedemikian rupa agar dapat menjadi contoh dan hiburan. Acara ini juga sekaligus sebagai acara ramah tamah tahun baru Moderamen GBKP dengan seluruh stake holder dan seluruh jemaat di mana Moderamen akan menyampaikan harapan dan pencapaian yang hendak diraih di tahun 2011.

Moderamen GBKP dan Panitia pelaksana sudah menyampaikan undangan kepada seluruh pengurus unit-unit pelayanan, biro, yayasan, pengurus kategorial seluruh BP Klasis, seluruh pendeta dan jemaat untuk menghadiri acara tersebut, ujarnya.

Sumber:Waspada